SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Semua orang pasti pernah menikmati minuman kaleng. Nah, sehabis minum biasanya kaleng bekasnya cuma berakhir di tempat sampah. Sebelum membuat wadah minuman dari logam itu tidak berharga, kakak ajak kalian memanfaatkannya untuk proyek eksperimen sains.

Kita bisa menggerakkan kaleng kosong cuma dengan balon. Tentunya dengan bantuan konsep ilmiah. Siapkan dulu alat dan bahan berikut:

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

-Kaleng minuman bekas
-Balon yang sudah ditiup
-Rambut kering

Caranya:
-Letakkan kaleng kosong di bidang permukaan mendatar misalkan lantai atau meja.
-Gosok balon ke rambut kering di kepala kalian atau saudara atau teman. Gosok dengan cepat sekitar setengah menit.
-Bagian paling serunya. Setelah balon digosok-gosokkan ke kepala, segera dekatkan ke kaleng tanpa menyentuhnya. Kalian bisa amati kaleng bergerak. Ulangi langkah kedua apabila kaleng mulai sulit diarahkan.

Eksperimen ini sekilas mirip membelokkan air dengan sisir yang sudah digosok-gosokkan ke rambut kering. Seperti dijelaskan Sciencebob.com, saat kita menggosokkan balon ke kepala, kita menciptakan elektron bermuatan negatif di sekitar permukaan balon. Elektron yang tidak kelihatan tapi bisa dirasakan tadi disebut listrik statis. Listrik statis ini membuat elektron punya tenaga untuk menarik objek ringan bermuatan positif.

Sebenarnya enggak cuma kaleng minuman bekas yang merupakan objek ringan bermuatan positif. Kertas tisu juga sama. Kalian bisa mencoba menarik kertas tisu yang sudah dirobek kecil-kecil seukuran lima centimeter dengan balon yang sudah digosok-gosokkan ke kepala. Seru banget ya? Nantikan eksperimen sains lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya