SOLOPOS.COM - Eksperimen ini ingin membuktikan cuci tangan lebih efektik daripada hand sanitizer. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Seorang wanita bernama Jaralee Annice Metcalf membuktikan sabun dan air jauh lebih efektif membunuh kuman dan virus. Jaralee memastikan, air dan sabun bahkan lebih ampun dibanding hand sanitizer.

Jaralee mempelihatkan percobaan sederhana menggunakan sepotong roti. Seorang psikolog yang bekerja di unit autisme TK dan SD ini membuat sebuah percobaan membuktikan kalau hand sanitizer tidak bisa diandalkan untuk membunuh kuman dan virus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kota Malang Lockdown karena Virus Corona? Ini Klarifikasi Pemkot

Pada tahun 2019 Jaralee membuat percobaan sederhana yang melibatkan anak-anak didiknya. Ia ingin menunjukkan betapa pentingnya mencuci tangan dengan baik dan benar.

Mengandalkan roti, Jaralee meminta anak-anak ikut terjun langsung dalam percobaan ini. Ada lima potong roti yang dijadikan sampel. Masing-masing roti ini mendapat perlakuan yang berbeda.

Roti pertama dibiarkan bersih tanpa tersentuh tangan atau benda apapun. Kemudian roti kedua disentuh oleh tangan anak-anak yang sengaja dibiarkan dalam keadaan kotor.

Pasien 01 Corona Sembuh, Menangis Profesinya Sebagai Penari Dihujat

Roti ketiga disentuh oleh tangan bersih yang sudah dicuci dengan sabun dan air mengalir. Roti keempat disentuh oleh tangan yang sudah dibersihkan dengan hand sanitizer. Dan potongan roti terakhir sengaja disentuhkan pada tablet Chroomebook yang ada di kelas.

Cuci Tangan Lebih Efektif

Semua roti ini kemudian dimasukkan ke dalam kantung plastik transparan dan didiamkan selama satu bulan. Hasilnya, setiap roti memiliki penampilan yang saling berbeda. Kondisi roti paling mengerikan bisa dilihat pada potongan roti yang ditempeli pada tablet Chromebook.

Jamur terlihat tumbuh pada permukaan roti yang disentuh tangan kotor. Bahkan roti yang disentuh tangan yang sudah dibersihkan dengan hand sanitizer pun tak luput dari jamur.

Miris, Wanita Ini Ceritakan Perlakuan Rumah Sakit ke PDP Corona

Sementara tangan yang sudah dicuci dengan sabun dan air memiliki tampilan paling bersih. Dari percobaan ini terungkap kalau hand sanitizer tidak bisa secara optimal membersihkan tangan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, mencuci tangan dengan air dan sabun adalah cara paling efektif membunuh dan menghilangkan kuman.

Fatwa MUI Soal Corona: Setop Salat Jumat Jika Wabah Tak Terkendali

Sementara hand sanitizer yang bahan utamanya alkohol hanya membantu menonaktifkan kuman. Hand sanitizer juga harus digunakan dengan baik. Jika tangan dalam kondisi sangat kotor, basah dan berminyak, tidak disarankan menggunakan hand sanitizer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya