SOLOPOS.COM - Sabar Gorky saat berada di puncak Cartenz, Papua beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Ekspedisi Gunung Aconcagua dengan satu kaki bukan menjadi akhir buat Sabar Gorky. Selanjutnya, dia menuju Gunung McKinley.

Solopos.com, SOLO — Pendaki gunung kelas dunia asal Solo, Sabar Gorky, berhasil mencapai puncak Aconcagua di Argentina, Februari-Maret 2016. Selanjutnya, laki-laki berkaki satu ini fokus untuk pendakian berikutnya ke Denali, Amerika Utara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sabar Gorky melakukan pendakian ke Puncak Aconcagua setinggi 6.600 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu bersama 8 orang lainnya. Lima orang di antaranya adalah anggota Korps Marinir dan tiga lainnya adalah jurnalis. Tim ini dipandu oleh tiga orang guide.

“Kami berangkat ke Argentina 18 Februari 2016 dan sampai ke Indonesia lagi 16 Maret 2016. Waktu itu, sesampainya di Argentina kami melakukan persiapan selama dua hari untuk melengkapi beberapa peralatan yang memang harus kami sewa di sana,” kata Sabar saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (19/3/2016).

Menurut warga Jl. Kyai H. Masykur, Kentingan, Jebres, Solo ini, perjalanan menuju puncak gunung berjalan lancar selama 13 hari termasuk masa aklimatisasi. “Yang jelas kami bersyukur bisa berada di sana. Di puncak [Aconcagua] saya bersujud kepada Tuhan YME dan berdoa agar pulang ke Indonesia lagi dengan selamat,” imbuh peraih juara I panjat tebing penyandang tunadaksa se-Asia Tenggara di Korea Selatan 2009 ini.

Dengan selesainya pendakian Aconcagua ini, berarti Sabar telah menyelesaikan empat puncak dari misi “seven summit” atau pendakian tujuh puncak dunia. Keempat puncak yang sudah didakinya adalah puncak Cartenz (Jayawijaya), Gunung Elbrus (Rusia), Gunung Kilimanjaro (Tanzania), dan Puncak Aconcagua (Argentina).

Selanjutnya, Sabar akan berfokus mempersiapkan pendakian ke puncak berikutnya yakni Gunung McKinley, Denali, (Amerika Utara). “Rencananya tahun ini akan kami lanjutkan ke Denali. Saya berharap dengan pendakian ini dapat membawa semangat persatuan bangsa,” imbuh alumnus SMA Wolter Monginsidi, Solo, ini.

Sabar menjadi inspirasi bagi pendaki Indonesia maupun mancanegara atas keberhasilannya mendaki tiga puncak gunung tertinggi dunia, dengan satu kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya