Ternyata penggunaan energi matahari lewat pemasangan panel surya telah dilakukan di Kantor Sekretariat DPRD Jawa Tengah. Konon, penggunaan ini bisa mengurangi biaya sekitar 30% dari total kebutuhan yang sebelumnya sepenuhnya dicukupi PLN.

Hal itu sebagaimana didapat dari penjelajahan tim Ekspedisi Energi 2021. Tak hanya itu, masih di Semarang, ada juga kisah pemanfaatan energi gas bumi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Difasilitasi Perusahaan Gas Negara (PGN) Area Semarang, belasan ribu rumah tangga telah beralih menggunakan gas bumi. Tim menemukan testimoni positif dari penggunaan energi ini dari warga Kalibanteng Kidul, Semarang Barat.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Melihat Potensi Pemanfaatan Gas Rawa di Rajek Grobogan

Sementara itu, tim Ekespedisi Energi 2021 dari Solopos Media Group juga melanjutkan penjelajahan di PLTU Tanjung Jati B Jepara.

PLTU ini menjadi tulang punggung PLN dalam memasok kebutuhan energi di wilayah Jawa dan Bali. Saat ini, PLTU ini menyangga 10% kebutuhan energi listrik untuk Jawa dan Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya