Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Dimulai, Tim Dilepas Sekda Solo

Perjalanan Tim Ekspedisi Ekonomi Digitla 2021 Solopos dimulai hari ini dari Balai Kota Solo menuju Kabupaten Semarang, Salatiga, hingga Jakarta. Tim akan memotret perembangan ekonomi digital di daerah yang disinggahi.

 Seremoni pelepasan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 di Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021) pagi. Di kesempatan tersebut, tim ekspedisi dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani. (Solopos.com/Ponco Suseno)

SOLOPOS.COM - Seremoni pelepasan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 di Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021) pagi. Di kesempatan tersebut, tim ekspedisi dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

Solopos.com, SOLO — Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani, melepas Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 di Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021) pagi. Nantinya, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 bakal menjelajahi sejumlah kota untuk memotret transformasi digital yang terjadi di wilayah tersebut.

Seremoni pelepasan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 dihadiri sejumlah undangan. Selain Sekda Kota Solo, hadir pula Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo dan sejumlah perwakilan sponsor.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 yang diselenggarakan Solopos Media Group ini didukung beberapa sponsor. Yakni BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Candi Elektronik, Artugo, Galeri 24, Prodia, XL Axiata, dan Gojek.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, 6 Hari Tim Solopos Jejalahi 5 Kota

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 berlangsung selama enam hari, Sabtu-Kamis (4-9/12/2021). Tim ini akan berkeliling ke sejumlah daerah dari Solo hingga Jakarta. Tim mengawali perjalanan dengan rute Balai Kota Solo-Kabupaten Semarang-Salatiga-Kota Semarang-Jakarta. Tim ekpedisi akan menjelajahi daerah-daerah tersebut menggunakan mobil Mitsubishi Xpander.

“Kota Solo menjadi titik awal [ekspedisi]. Semoga menjadi berkah. Semoga dalam perjalanan banyak input atau masukan untuk pengembangan ekonomi digital ke depan,” kata Ahyani mewakili Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di sela-sela seremoni pemberangkatan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021.

Presiden Direktur Solopos Media Group, Arief Budisusilo, mengatakan keberadaan ekonomi digital telah membuat perekonomian di Indonesia tetap survive di tengah pandemi Covid-19. Solopos Media Group menggagas ekspedisi kali ini guna melihat langsung kondisi riil transformasi digital di tengah masyarakat. Ekonomi digital sudah menjadi keharusan.

Baca Juga: Berhadiah Motor Sport, Ini Syarat Daftar Lomba Foto Astra 2021

“Dalam beberapa kesempatan, Pak Wali, Mas Gibran [wali kota Solo], mengatakan ekonomi digital ini bukan pilihan. Tapi keharusan. Saya bukan 100 persen setuju, 1.000 persen sangat setuju. Saya percaya, Solo bukan hanya barometer politik, pendidikan. Tapi juga menjadi barometer perkembangan ekonomi digital ke depan,” katanya.

KPw BI Solo, Nugroho Joko Prastowo, mengatakan ekonomi digital memiliki potensi luar biasa. Hal itu diakselerasi dengan kondisi di tengah pandemi Covid-19. Pola berjualan di era sekarang perlu dilengkapi ekonomi digital.

“Digitalisasi tak akan mundur. Tapi menjadi kebutuhan dan gaya hidup,” katanya.

Berita Terkait

Espos Plus

Drone Makin Dibutuhkan, Pengembangan Teknologi Pesat

+ PLUS Drone Makin Dibutuhkan, Pengembangan Teknologi Pesat

Teknologi drone berkembang pesat. Kegunaan drone makin beragam di banyak sektor. Perusahaan-perusahaan drone mengembangkan pasar berbasis kebutuhan dan manfaat.

Berita Terkini

Diharamkan MUI dan Muhammadiyah, Minat Investasi Kripto di RI Surut?

Pernyataan Muhammadiyah yang menetapkan aset kripto sebagai barang haram diyakini tidak akan mengendurkan minat masyarakat Indonesia untuk berinvestasi pada instrumen ini.

BRImo E-Payment Cara Praktis Transaksi di E-Commerce dari BRI

BRImo E-Payment merupakan metode pembayaran yang memungkinkan konsumen bertransaksi di berbagai merchant tanpa perlu berpindah aplikasi.

Bermodal Suara, Ini Tips Menghasilkan Uang dari Voice Over Talent

Di era perkembangan teknologi digital saat ini, voice over talent semakin banyak diminati masyarakat bahkan karena dapat menjadi pemasukan tetap.

KPPU Sebut 4 Produsen Kuasai Pasar Minyak Goreng, Ada Praktik Kartel?

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menemukan adanya sinyal praktik kartel atau persekongkolan dalam kenaikan harga minyak goreng di dalam negeri.

Minyak Goreng Harga Rp14.000 Per Liter Mulai Tersebar di Jogja

Beberapa pedagang di Kota Jogja mulai menerapkan harga tunggal minyak goreng dengan harga Rp14.000 per liter.

Jadi Laboratorium Klinik Terbesar, Ini Fokus Prodia di Layanan Digital

Prodia Mobile menjadi salah satu pelayanan digital yang paling diminati banyak pelanggan.

Segera Cair, Ini Cara dan Syarat Mendapatkan BLT UMKM 2022

Untuk mendapatkan BLT para pelaku usaha sebelumnya harus mengetahui cara dan melengkapi syarat administrasi.

Jagongan Madiun Raya: Menangkap Peluang Ekonomi 6 Kabupaten/Kota

Kawasan Madiun Raya sejatinya lebih memiliki ketahanan (resilience) secara ekonomi selama pandemi dibandingkan ketahanan secara nasional.

Kisah Prodia Layani 100.000 Panggilan per Bulan lewat Tania dan Contact Center

Melalui Tania dan contact center, setiap pelanggan Prodia dapat memperoleh informasi yang sering menjadi pertanyaan utama.

BRI Kembangkan Klaster Tanaman Hias Desa Bunga di Gunung Arjuna

BRI sebagai salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan dan pemberdayaan UMKM.

Pemuda MES Dukung Pengembangan Muslimpreneur dari Masjid dan Pesantren

BSI meluncurkan program Talenta Wirausaha BSI pada Rabu (19/1/2022) di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta Selatan.

G20 Berpotensi Untungkan UMKM Rp1,7 Triliun dan 33.000 Lapangan Kerja

G20 diprediksi memberikan keuntungan bagi UMKM dengan potensi nilai konsumsi domestik mencapai Rp1,7 triliun.

XL Axiata Business Solutions Raih Sertifikasi Iso 22301:2019

Xl Axiata hadirkan layanan terbaik dan siap bersaing pada tender proyek pemerintah & swasta. 

Bansos Rp2,7 Triliun Tertahan, Mensos Minta DPR Ikut Turun Tangan

Mensos mengungkap anggaran senilai Rp2,7 triliun yang merupakan dana bantuan sosial (bansos), masih tertahan di bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Antam Turun Nih! Cek Harga Emas di Pegadaian, Kamis 20 Januari 2022

Pergerakan Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (20/1/2022) ini terpantau naik untuk emas UBS dan melemah untuk cetakan Antam.