Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Kiat Supriyadi Jadi Eksportir andal

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus menjalin kolaborasi untuk mendukung pelaku UKM mampu naik kelas hingga berkesempatan menembus pasar ekspor melalui program BNI Xpora

 Supriyadi, Owner PT Kharisma Rotan Mandiri di sentra industri rotan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo.

SOLOPOS.COM - Supriyadi, Owner PT Kharisma Rotan Mandiri di sentra industri rotan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo.

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

Solopos.com, SUKOHARJO–PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus menjalin kolaborasi untuk mendukung pelaku UKM mampu naik kelas hingga berkesempatan menembus pasar ekspor melalui program BNI Xpora. Salah satu pelaku UKM yang difasilitasi BNI Xpora yakni Supriyadi yang memproduksi anyaman mebel rotan dan berhasil menembus pasar ekspor.

Pria yang akrab disapa Supri ini memimpin PT Kharisma Rotan Mandiri di sentra industri rotan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Beragam produk anyaman rotan berkualitas tinggi menembus pasar global. Produk anyaman rotan itu diekspor ke sejumlah negara seperti Australia,  Amerika Serikat, Belanda, hingga Jerman.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Xpora Bikin Perluas Pasar Ekspor UMKM

“Sejak era 90-an, produk kerajinan rotan di Desa Trangsan mulai merambah pasar ekspor. Kala itu, saya menjadi pionir pengrajin rotan yang berhasil menembus pasar luar negeri, ” kata dia, Selasa (7/12/2021).

Keberhasilan Supri menduniakan anyaman rotan bukan tanpa halangan. Butuh keuletan, pantang menyerah dan konsistensi. Hal ini menjadi salah satu kunci keberhasilan buyer dari luar negeri tertarik membeli anyaman rotan yang diproduksi di Kecamatan Gatak.

Produk rotan asal Trangsan, Gatak, Sukoharjo.

Selain itu, pelaku UKM harus memiliki jaringan bisnis yang kuat di luar negeri. Pelaku usaha harus merawat dan menjaga jaringan bisnis tersebut. “Jaringan bisnis bisa didapat saat mengikuti pameran kerajinan di luar negeri. Di Eropa, event pameran kerajinan rutin digelar setiap bulan. Paling tidak sekali dalam dua bulan,” ujar dia, saat berbincang dengan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, di lokasi usahanya, beberapa waktu lalu.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 merupakan program peliputan yang diselenggarakan Solopos Media Group bersama BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Galeri 24, Prodia, Artugo, Candi Elektronik, XL Axiata, dan Gojek.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital, Pelayanan Prima Artugo Mudahkan Pelanggan

Supri mengapresiasi dukungan program BNI Xpora yang mendorong para pelaku UKM ekspor baru. Hal ini wujud sinergitas BNI dengan pelaku UKM nasional agar bisa menembus pasar ekspor.

Berita Terkait

Berita Terkini

Asal Mula Nama Pertapaan Bancolono Tawangmangu Petilasan Brawijaya V

Ini asal mula nama Pertapaan Bancolono, Tawangmangu, Karanganyar yang merupakan petilasan Brawijaya V.

Penyuntikan Vaksin Booster di Sragen Dimulai Besok, Ini Syaratnya

Dinkes Sragen hingga Senin (17/1/2022) sore masih mengambil stok vaksin untuk booster di Semarang. Ada tiga jenis vaksin yang disiapkan untuk penyuntikan vaksin booster besok.

15 Hari 763 Kendaraan Kena Tilang ETLE di Sukoharjo, Ini Pelanggarannya

Kamera ETLE akan ditambah di sejumlah wilayah di Sukoharjo, diharapkan melalui langkah tersebut tingkat kesadaran masyarakat dalam berkendara semakin meningkat.

Proyek Hall di Pedaringan Solo Ternyata Sudah Ditawarkan ke Investor

Gedung Solo Convention and Exhibition (SCE) berkapasitas belasan ribu orang yang akan dibangun di Pedaringan, Jebres, Solo, sudah ditawarkan kepada investor.

Diduga Karena Tungku Belum Padam, Dapur Warga Karanganyar Kebakaran

Dapur warga Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar kebakaran pada Minggu (16/1/2022). Penyebabnya diduga karena tungku belum padam.

Wedang Ronde Porsi Jumbo di Sukoharjo, Murah dan Menghangatkan

Wedang ronde porsi jumbo dengan harga murah dan segar dapat dibeli di warung milik pria asal Sukoharjo.

Polresta Solo Ungkap 8 Kasus Narkoba, 10 Orang Ditangkap

Satresnarkoba Polresta Solo mengungkap delapan kasus penyalahgunaan narkoba dan menangkap 10 orang pelaku baik pengedar, kurir, maupun pemakai.

Perlu Peran Akademisi untuk Atasi Kekeringan di Gilirejo Baru Sragen

Upaya mitigasi bencana kekeringan di Gilirejo Baru, Kecamatan Miri, Sragen, perlu melibatkan akademisi dari perguruan tinggi.

Duh, 86 Ha Sawah di Bulu Sukoharjo Terendam Banjir Luapan Kali Buntung

Hujan yang mengguyur wilayah Sukoharjo mengakibatkan ketinggian air Kali Buntung bertambah signifikan pada Minggu (16/1/2022) malam.

Gede Banget! Pemkot Solo akan Bangun Gedung Berkapasitas 15.000 Orang

Pemkot Solo berencana membangun gedung pertemuan atau hall yang diklaim sangat besar dan mampu menampung hingga 15.000 orang.

Vaksinasi Anak Dosis II Boyolali Dimulai, Targetkan 5.360 Sasaran

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun dosis pertama di Boyolali hingga Senin ini sudah mencapai 94.514 sasaran atau sekitar 98,7 persen dari target 95.713 sasaran.

+ PLUS Keraton Pengging, Cikal Bakal Kerajaan Pajang yang Hilang di Boyolali

Joko Tingkir yang menjadi raja pertama Kesultanan Pajang merupakan cucu dari Andayaningrat yang pernah memimpin Keraton Pengging.

Tim Gabungan di Bulu dan Mojolaban Gencarkan Patroli Tegakkan Prokes

Sasaran patroli yakni menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang masih beraktivitas malam agar tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes), terutama saat berada di luar rumah.

Berkat KIP, Mahasiswa asal Miri Sragen Ini Bisa Kuliah Sekaligus Usaha

Berkat Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, seorang warga Miri, Sragen, dari keluarga miskin bisa kuliah bahkan membuka usaha.

Segini Kerugiannya, Gara-Gara Bakul Pasar Tanjung Klaten Mogok Jualan

Sebanyak 256 pedagang Pasar Tanjung, Klaten mendadak mogok berjualan Senin (17/1/2022) sehingga menyebabkan perputaran uang mencapai Rp100 juta per hari terhenti.

Kearifan Lokal Boyolali, Kerajinan Logam Cepogo Kian Mendunia

Produk kerajinan seni kriya logam dari Desa Tumang, Kecamatan Cepogo, Boyolali, merupakan kearifan lokal yang kian mendunia.