Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Kiat Supriyadi Jadi Eksportir andal

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus menjalin kolaborasi untuk mendukung pelaku UKM mampu naik kelas hingga berkesempatan menembus pasar ekspor melalui program BNI Xpora

 Supriyadi, Owner PT Kharisma Rotan Mandiri di sentra industri rotan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo.

SOLOPOS.COM - Supriyadi, Owner PT Kharisma Rotan Mandiri di sentra industri rotan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo.

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

PromosiKuda Era Diponegoro, Soekarno Hingga Menjadi Tugu di Kantor Prabowo

Solopos.com, SUKOHARJO–PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus menjalin kolaborasi untuk mendukung pelaku UKM mampu naik kelas hingga berkesempatan menembus pasar ekspor melalui program BNI Xpora. Salah satu pelaku UKM yang difasilitasi BNI Xpora yakni Supriyadi yang memproduksi anyaman mebel rotan dan berhasil menembus pasar ekspor.

Pria yang akrab disapa Supri ini memimpin PT Kharisma Rotan Mandiri di sentra industri rotan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Beragam produk anyaman rotan berkualitas tinggi menembus pasar global. Produk anyaman rotan itu diekspor ke sejumlah negara seperti Australia,  Amerika Serikat, Belanda, hingga Jerman.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Xpora Bikin Perluas Pasar Ekspor UMKM

“Sejak era 90-an, produk kerajinan rotan di Desa Trangsan mulai merambah pasar ekspor. Kala itu, saya menjadi pionir pengrajin rotan yang berhasil menembus pasar luar negeri, ” kata dia, Selasa (7/12/2021).

Keberhasilan Supri menduniakan anyaman rotan bukan tanpa halangan. Butuh keuletan, pantang menyerah dan konsistensi. Hal ini menjadi salah satu kunci keberhasilan buyer dari luar negeri tertarik membeli anyaman rotan yang diproduksi di Kecamatan Gatak.

Produk rotan asal Trangsan, Gatak, Sukoharjo.

Selain itu, pelaku UKM harus memiliki jaringan bisnis yang kuat di luar negeri. Pelaku usaha harus merawat dan menjaga jaringan bisnis tersebut. “Jaringan bisnis bisa didapat saat mengikuti pameran kerajinan di luar negeri. Di Eropa, event pameran kerajinan rutin digelar setiap bulan. Paling tidak sekali dalam dua bulan,” ujar dia, saat berbincang dengan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, di lokasi usahanya, beberapa waktu lalu.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 merupakan program peliputan yang diselenggarakan Solopos Media Group bersama BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Galeri 24, Prodia, Artugo, Candi Elektronik, XL Axiata, dan Gojek.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital, Pelayanan Prima Artugo Mudahkan Pelanggan

Supri mengapresiasi dukungan program BNI Xpora yang mendorong para pelaku UKM ekspor baru. Hal ini wujud sinergitas BNI dengan pelaku UKM nasional agar bisa menembus pasar ekspor.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Berita Terkini

Dugaan Rudapaksa Wanita Boyolali, Terlapor Ngaku Kenal R Tapi Tak Akrab

Tukinu menjelaskan GWS ingin membantu R untuk bertemu suaminya dan akan dibantu bertemu dengan penyidiknya.

2021, DKPP Deteksi 65 Pelanggaran Peredaran Daging Sapi di Kota Solo

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Solo menemukan ada 65 pelanggaran dalam pengawasan peredaran daging sapi di Kota Bengawan.

Kantongi Sertifikat, Wisata OMAC Klaten segera Dipermak

Sebelumnya Pemkab Klaten terkendala mengembangkan kawasan OMAC lantaran belum mengantongi sertifikat.

Ratusan Bidang Tanah Pemkab Klaten Ternyata Belum Bersertifikat

BPN menyerahkan 770 sertifikat hak atas tanah aset Pemkab Klaten yang terdiri atas  tanah perkarangan dan jalan sebanyak 649 bidang atau 743 sertifikat.

Ribuan Koleksi Buku Perpustakaan Mangkunegaran Solo Dipindah, Ada Apa?

Ribuan koleksi perpustakaan Reska Pustaka di Pura Mangkunegaran Solo dipindahkan dari sebelumnya di lantai II ke lantai dasar.

Pelaku UKM di Karanganyar Bakal Dipetakan Sesuai Klaster Usaha

Pemkab Karanganyar akan mendata ulang UKM yang dipetakan sesuai dengan klaster usaha. Ini untuk memudahkan pendampingan.

Sulitnya Dapatkan Minyak Goreng Bersubsidi di Karanganyar

Ibu-ibu di Karanganyar mengeluhkan sulitnya mendapatkan minyak goreng dengan harga murah. Ritel modern yang menjual minyak goreng seharga Rp14.000 liter selalu kehabisan stok.

Luas dan Bikin Bingung, Pasar Legi Solo Butuh Banyak Penunjuk Arah

Pasar Legi Solo yang luas dan terdiri atas beberapa lantai dan blok membutuhkan banyak penanda atau penunjuk arah agar pengunjung tidak bingung.

Ingin Tampil Beda, Desa Ngabeyan Klaten Dihuni Banyak Patung Hewan

Banyak patung hewan menghiasi Desa Ngabeyan, Karananom, Klaten.

Disebut Bukan Korban Pemerkosaan, Wanita Boyolali Ungkap Kronologi Ini

R mengatakan terlapor GW akan membantunya membebaskan sang suami dengan bantuan orang dalam namun dengan syarat membawa sejumlah uang.

Dana BOS 2019 Klaten untuk Buku Matur Jujur Sebenarnya Bagus, tapi...

Wali murid di Klaten menyatakan penggunaan buku Matur Jujur tidak konsisten sehingga terkesan mubazir.

Asyiknya Keliling Desa Pasung, dari Naik Jip hingga Petik Buah Sendiri

Pengunjung di Desa Agrowisata Pasung, Wedi, Klaten, bisa menumpang jip offroad, menikmati kesejukan dan keindalan alam, hingga memetik buah sendiri.

Tanjungsari Boyolali Jadi Contoh Pengendalian Hama dengan Agens Hayati

Tanaman padi di Banyudono tetap mendapatkan serangan hama padi seperti serangan tikus, penggerek batang padi, serta Bacterial Leaf Blight (BLB) atau dikenal sebagai penyakit kresek atau hawar daun.

Eks Napiter Atok Ngaku Deg-degan Tiap Lewat Polsek Pasar Kliwon Solo

Eks napiter Roki Apris Dianto alias Atok mengaku selalu merasa deg-degan dan takut tiap lewat di depan Polsek Pasar Kliwon Solo.

2 Kali Teror Polsek Pasar Kliwon Solo, Eks Napiter Datang Minta Maaf

Seorang eks napiter Roki Apris Dianto datang ke Polsek Pasar Kliwon Solo untuk meminta maaf atas aksi teror bom yang pernah ia lakukan beberapa tahun lalu.

Prabowo Dihina, Gerindra Klaten Laporkan Edy Mulyadi ke Polisi

DPC Partai Gerindra Klaten tak terima dengan pernyataan Edy Mulyadi di YouTube yang dinilai menghina Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto.