Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, 6 Hari Tim Solopos Jejalahi 5 Kota

Solopos Media Group menggelar program peliputan khusus Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 dengan tema Transformasi Digital untuk Pemerataan Ekonomi.

 Ekspedisi Ekonomi Digital

SOLOPOS.COM - Ekspedisi Ekonomi Digital

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

PromosiFood Estate Rawan Menjadi Cultuurstelsel Baru

Solopos.com, SOLO — Solopos Media Group menggelar Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai Sabtu (4/12/2021). Selama enam hari, empat jurnalis Solopos Media Group akan berkeliling berbagai kota di Jawa untuk memotret transformasi digital.

Ekonomi digital seperti digadang-gadang akan menjadi salah satu penopang utama perekonomian Indonesia di masa mendatang. Proyeksi terbaru yang disampaikan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi Juni 2021 lalu menyebutkan ekonomi digital Indonesia diprediksi tumbuh lebih agresif lagi yakni mencapai delapan kali lipat dari saat ini pada 2030.

Nilainya bisa mencapai Rp4.531 triliun. Pada 2020, ekonomi digital sudah memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan domestik bruto (PDB) sebesar 4% dan Mendag memprediksi kontribusinya akan melesat hingga 18% pada 2030.

Baca Juga: Transaksi Digital Banking Bisa Capai Rp48.000 Triliun di 2022

Pandemi yang sudah terjadi hampir dua tahun menjadi pemicu ekonomi digital tumbuh lebih kencang. Hal inilah yang melatarbelakangi Solopos Media Group menggelar program peliputan khusus Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 dengan tema Transformasi Digital untuk Pemerataan Ekonomi.

Solopos Media Group menerjunkan empat orang untuk bergabung dalam tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, yakni Ahmad Mufid Ariyono (Redaktur Solopos sebagai koordinator tim ekspedisi), dua jurnalis yakni Ponco Suseno dan Bony Wicaksono, serta seorang videografer, Adhika Ali Pratikna.

Tim akan melakukan perjalanan dengan beragam agenda peliputan dan masuk ke sejumlah sektor riil di beberapa kota. Dengan mengambil start Balai Kota Solo, Sabtu pagi, tim akan melanjutkan perjalanan peliputan menuju Getasan, Kabupaten Semarang; Salatiga; Kota Semarang; dan Jakarta.

Tim akan memotret betapa agresifnya sektor-sektor riil penopang pertumbuhan ekonomi bertransformasi dalam memberikan layanan digital. Sektor-sektor itu di antaranya, perbankan, UMKM, otomotif, sektor pendidikan, kesehatan, sektor perdagangan, elektronik, telekomunikasi, hingga e-commerce.

Baca Juga: Peran Anak Muda Dorong Percepatan Inklusi Keuangan Nasional

Ekspedisi yang akan dimulai Sabtu (4/12/2021) hingga enam hari ke depan, Kamis (9/12/2021), merupakan kerja bareng Solopos Media Group bersama BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Artugo, Galeri24, Candi Elektronik, Prodia, XL Axiata, dan Gojek. Brand-brand ini mewakili masing-masing sektor yang saat ini tengah getol melakukan ekspansi layanannya ke digital.

Sebagai contoh, BNI yang kini sedang gencar mempromosikan layanan The New BNI Mobile Banking. BNI juga konsen mengembangkan solusi digital yang membantu UMKM untuk bisa menembus pasar ekspor, melalui program dan layanan Xpora.

“Pada agenda praekspedisi beberapa hari lalu, tim sudah memotret bagaimana UMKM ekspansi dan mampu memperluas pasar ekspor di era pemulihan ekonomi akibat pandemi dengan layanan digital dari BNI,” kata Koordinator Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Mufid Ariyono.

Di sektor otomotif, Mitsubishi menawarkan layanan aftersales berupa aplikasi My Mitsubishi Motors ID. Di bidang kesehatan, aplikasi Prodia Mobile menjadi solusi bagi masyarakat untuk tetap mendapatkan layanan kesehatan secara online pada era pandemi.

Baca Juga: Airlangga: Akselerasi Transformasi Digital Percepat Pemulihan Ekonomi

Di bidang pendidikan, Solo punya Universitas Terbuka Surakarta yang menjadi pioneer pembelajaran jarak jauh di tingkat pendidikan tinggi. UT Surakarta juga terus berinovasi untuk mengupdate layanan digital dalam pembelajaran.

“Dari sektor-sektor itu akan kami coba tarik benang merahnya, bagaimana kemudian ekonomi digital ini telah mengubah pola hidup masyarakat, hidup menjadi lebih cepat, segalanya lebih mudah, dan apa saja bisa dengan digital. Mulai dari berbelanja, konsultasi kesehatan online, belajar jarak jauh, transaksi digital, pemasaran, beli emas, beli barang elektronik, hingga servis kendaraan sekarang semua bisa dengan digital,” imbuh Mufid.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

+ PLUS Pemerintah Yakin Nasib Restrukturisasi Garuda akan Berakhir Baik

Pemerintah yakin proses restrukturisasi PT Garuda Indonesia Tbk. lewat payung hukum perpanjangan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) akan berakhir baik seperti Philippine Airlines.

Kasus Meningkat, Varian Omicron akan Pengaruhi Ekonomi Indonesia?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mewaspadai peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron yang berpotensi memengaruhi kinerja ekonomi kuartal I-2022.

Embrio, Strategi BRI Ciptakan Talenta Digital Inovatif dan Tangguh

Melalui program Embrio ini, diharapkan muncul ide-ide ‘radikal’ dari Insan BRIlian yang dapat menjadi solusi untuk pertumbuhan bisnis BRI. 

Utang RI Paling Terkendali, Ini Perbandingannya dengan Negara Lain

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan defisit fiskal dan utang Indonesia selama pandemi termasuk yang paling terkendali dan produktif.

Demi Fokus ke Lima Unit Bisnis, Unilever akan PHK 1.500 Karyawan

Unilever akan merampingkan model usahanya menjadi 5 unit bisnis. Hal ini berimbas pada pengurangan atau pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.500 karyawan secara global.

Naik Lagi Nih! Cek Harga Emas di Pegadaian 27 Januari 2022

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (27/1/2022) ini terpantau naik untuk emas Antam dan UBS ukuran tertentu.

Tren WFH Meningkat, Omzet Perusahaan Parkir Anjok

Terdapat kendala pemulihan omzet dan volume parkir lantaran perilaku masyarakat yang sudah terbiasa bekerja dari rumah selama pandemi ini.

Indonesia Punya Potensi Logam Paling Langka di Dunia!

Potensi logam tanah jarang di Indonesia terbilang menjanjikan jika melihat potensi yang masih tersimpan dan belum tereksplorasi.

Dikukut Polisi, Ruko di Jakut Jalankan 14 Aplikasi Pinjol Ilegal

Zulpan juga mengungkapkan perusahaan operator pinjol ilegal tersebut juga melakukan penagihan kepada nasabahnya dengan cara-cara yang melanggar hukum.

Persaingan Live Shopping Kian Sengit, E-Commerce Mana Paling Diminati?

Pendekatan live shopping menggunakan paltform media sosial diprediksi mengalami peningkatan ke depan dan akan makin banyak diadopsi oleh penyedia platform media sosial.

Buka 6 Cabang, Burjo Ambucuy Raih Omzet Puluhan Juta Rupiah Per Bulan

Warung makan yang buka 24 jam ini juga sering menjadi tempat mahasiswa atau pelajar untuk mengerjakan tugas. Oleh karena itu, burjo sering ditemui di kawasan sekitar sekolah dan kampus.

Live Shopping Tingkatkan Kunjungan Toko Online 200 Kali Lipat Lebih

Strategi live shopping yang diadopsi oleh para e-commerce, diklaim mampu tingkatkan kunjungan toko para mitra.

Tanoto Foundation Kukuhkan 172 Mahasiswa Penerima Beasiswa TELADAN

Tanoto Foundation sangat peduli dengan upaya peningkatan kapasitas kepemimpinan di kalangan generasi muda melalui program Beasiswa TELADAN.

Mantap! BRI Berikan Beasiswa Kuliah S2 untuk 36 Wartawan

Sebanyak 972 wartawan dari seluruh Indonesia mendaftarkan diri dalam ajang BRI Fellowship Journalism yaitu beasiswa kuliah S2 di PTN.

Jalan Putus Seusai Longsor, PLN Cepat Pulihkan Listrik di Pekalongan

Pascabencana longsor di Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, PLN segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan BPBD untuk mempercepat pemulihan aliran listrik.