Ekspansi Ke Timur Tengah, BSI MoU dengan 2 Usaha di UEA

Bank Syariah Indonesia menandatangani kerja sama dengan Lulu Hypermart Global dan Berrypay di Dubai, UEA.

 Bank Syariah Indonesia (ilustrasi/Bisnis)

SOLOPOS.COM - Bank Syariah Indonesia (ilustrasi/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA–PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mulai berekspansi ke Timur Tengah.

Sebagai langkah awal PT BSI menandatangani kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) dengan Lulu Hypermart Indonesia sebagai jaringan dari Lulu Hypermart Global, jaringan pemasaran ritel di Timur Tengah dan perusahaan fintech Berrypay di Dubai, Jumat (13/5/2022).

PromosiCitra Nyata Lubang Hitam di Pusat Galaksi Bima Sakti

Dalam kesempatan yang sama, BSI menghadirkan kantor perwakilan (representative office) BSI di Dubai.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan kerja sama tersebut menandai bahwa BSI telah go global dan menancapkan bisnis dan layanan di Timur Tengah.

“Ekspansi jaringan dan bisnis ini memungkinkan kami untuk dapat mengelola peluang bisnis yang ada di luar negeri, baik Indonesian related business atau corporations maupun dari individu yaitu warga negara Indonesia,” kata Hery dalam siaran pers, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga: Plafon hingga Rp50 Juta, Ini Alur Kredit Bank Syariah Indonesia

Menurut dia, keberadaan jaringan bisnis di luar negeri memungkinkan BSI berinteraksi secara langsung dengan komponen penting industri perbankan global.

Yakni pemain utama perbankan dunia, regulator perbankan dari sejumlah negara, hingga global business-best-practice perbankan syariah yang akan membentuk global expertise dan global capabilities bagi BSI.

Selain itu, Hery berharap BSI makin dekat dengan investor global sehingga perusahaan dapat berkontribusi lebih dalam mendukung program-program pemerintah, baik dalam pendanaan proyek-proyek infrastruktur dan pembangunan melalui penerbitan Sukuk Global maupun dukungan bagi pengembangan UMKM nasional.

“Dengan hadir di Dubai, BSI akan memperkuat hubungan dagang antara Indonesia dengan negara-negara di Kawasan Timur Tengah. Dan adanya kerja sama dengan Lulu Group, kami juga ingin memajukan UMKM Indonesia sehingga produk-produknya bisa disalurkan ke pasar potensial di kawasan ini,” kata Hery.

Peresmian kantor di Dubai ini merupakan peristiwa bersejarah karena menjadi jaringan pertama perbankan Indonesia di pusat keuangan syariah dunia, sekaligus sebagai realisasi program BUMN Go Global dan mewujudkan misi menjadi Top 10 Global Islamic Bank berdasarkan kapitalisasi pasar pada 2025.

Baca Juga: Bank Syariah Indonesia Tawarkan Pembiayaan Otomotif 2,98% 7 Tahun

Selain itu, Representative Office BSI di Dubai merupakan milestone awal pengembangan jaringan internasional BSI.

Ke depan BSI berencana untuk meningkatkan lisensi presence di Dubai pascarepresentative Office BSI diresmikan, sehingga kantor tersebut bisa menjadi full-branch.

“Dari Dubai, kita tentu berharap bahwa kehadiran BSI secara global akan makin banyak di sejumlah pusat-pusat keuangan dunia lainnya. Seperti London, New York, Tokyo, Singapura dan juga Arab Saudi,” kata Hery.

Sementara itu Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo atau biasa disapa Tiko mengatakan sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia sudah sepantasnya memiliki representative office bank syariah di kawasan Timur Tengah.

Langkah tersebut menjadi katalisator utama bagi Indonesia untuk menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia.

Baca Juga: Target Ambisius Erick Thohir untuk Bank Syariah Indonesia

“Ini merupakan momentum strategis karena kehadiran BSI di Dubai menjadi pintu masuk atau hub, yang menghubungan perbankan dan keuangan Indonesia dengan pusat-pusat keuangan syariah dunia,” kata Tiko.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, CEO of DIFC Authority Arif Amiri mengatakan DIFC adalah rumah bagi banyak lembaga dan penasihat keuangan terkemuka dunia.

Dia menilai hadirnya representative office bank syariah terbesar di Indonesia merupakan kepercayaan besar dalam memperkuat kompetensi komunitas keuangan syariah global di DIFC.

“Hal ini memperkuat kompetensi kami untuk mendukung pertumbuhan pasar keuangan Islam sejalan dengan posisi Dubai sebagai ibukota global ekonomi Islam. Kami merasa terhormat untuk menyambut BSI yang akan membantu memenuhi tuntutan keuangan Islam yang berkembang di Timur Tengah dan Afrika,” ujar dia.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Gandeng Lulu Hypermart dan Berrypay, BSI Ekspansi Jaringan Bisnis ke Timur Tengah

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Apresiasi 1,5 Juta Nakes, KPC PEN Salurkan Insentif Rp8,83 Triliun

Komite Penanganan Coronavirus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) telah menyalurkan insentif untuk 1,5 juta nakes dengan total senilai Rp8,83 triliun.

Bank Indonesia Prediksi Penyaluran Kredit Kuartal II/2022 Tumbuh

Saldo Bersih Tertimbang (SBT) perkiraan penyaluran kredit baru triwulan II/2022 hasil survei periode April 2022 sebesar 79,0% dan membuat Bank Indonesia memproyeksi penyaluran kredit bank lebih tinggi dibandingkan kuartal I/2022.

Dorong Transformasi, Dirut BRI Sunarso Jadi Business Person of the Year

Pada acara Fortune Indonesia Summit 2022 tersebut, Direktur Utama BRI Sunarso dinobatkan sebagai Business Person of the Year.

Bayar Tol Tak Lagi Pakai E-Toll dan Diganti MLFF, Ini Jawaban BPJT

Penerapan layanan nirsentuh pembayaran tol bukan hanya wacana, tetapi segera direalisasikan pada akhir 2022.

Favehotel Solo Raih Travellers' Choice Awards 2022 dari Tripadvisor

Favehotel Solo (Manahan Solo dan Solo Baru) berhasil meraih penghargaan Travelers’ Choice Awards 2022 dari TripAdvisor sebuah platform perjalanan terbesar di dunia pada Jumat (13/5/2022).

Begini Harapan CT pada PT Alo Bank Tbk. (BBHI) Dapat Cuan Tahun Ini

Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengatakan perbankan selama ini tumbuh dari pinjaman yang disalurkan dan pendapatan di luar bisnis perbankan (fee based income). Pada tahap awal, Allo Bank belum akan fokus pada fee based income.

Pemerintah Yakin Defisit APBN 2022 4,3 Persen, Turun dari Asumsi Awal

Pemerintah meyakini defisit APBN 2022 mencapai 4,3% turun dibandingkan asumsi awal 4,85%

Siap-Siap, Harga 4 Komoditas Pangan Terpantau Naik Sejak Sepekan

Empat komoditas pangan mengalami kenaikan harga sejak sepekan terakhir

Sempat Melemah, IHSG Sesi I Kamis (19/5/2022) Menguat, Ini Pendorongnya

Saham GOTO dan ARTO menjadi salah satu pendorong menguatnya IHSG pada perdagangan sesi I Kamis (19/5/2022).

Kemenaker Sebut Dunkin Donuts akan Jual Aset untuk Bayar THR

Kemenaker menyebut dari hasil mitigasi pihak PT Dunkindo Lestari (Dunkin Donuts) akan menjual aset untuk membayar THR karyawan yang belum terbayarkan selama dua tahun.

Rupiah Diproyeksi Ditutup Melemah Kamis (19/5/2022), Begini Prediksinya

Kurs rupiah terhadap dolar AS diperkirakan melemah pada perdagangan Kamis (19/5/2022)

Imbas Bangun Tol, Erick Thohir: Beban Utang BUMN Karya Cukup Lebar

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tidak menampik adanya beban utang yang cukup lebar yang dicatat BUMN Karya hingga pertengahan tahun ini.

Mantap, Bank Indonesia Sebut Utang LN RI Turun, Ini Pemicunya

Bank Indonesia (BI) menyebut posisi ULN Indonesia pada akhir kuartal I/2022 US$411,5 miliar, turun dibandingkan dengan posisi ULN pada kuartal sebelumnya US$415,7 miliar.

IHSG Dibuka Melemah Kamis (19/5/2022), Saham GOTO dan BUKA Beda Arah

Saham GOTO dan BUKA mengalami beda arah dalam pembukaan perdagangan IHSG yang melemah Kamis (19/5/2022)

Pemulihan Ekonomi Positif, Apindo: Saatnya Gas Maksimal

Wakil Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamdani mengatakan pemulihan akan berlangsung baik sepanjang masa transisi tersebut terus menurunkan atau setidaknya menstabilkan penyebaran Covid-19 secara konsisten tanpa insiden lonjakan yang fatal.

Pelemahan Kurs Rupiah Diperkirakan Berlanjut Kamis (19/5/2022)

Kurs rupiah diperkirakan akan melemah Kamis (19/5/2022) melanjutkan perdagangan pada Rabu (18/5/2022)