SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, MUNGKID — Ekskavasi atau penggalian yang terstrutur dan metodis sesuai kaidah arkeologi yang dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah di situs Candi Mantingan, Desa Mantingan, Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengungkapkan bahwa struktur bangunan yang ditemukan di tempat itu adalah  petirtaan.

“Saat ini telah kita temukan dua sudut dari struktur yang kita telusuri, yaitu sudut sisi timur dan barat yang mengindikasikan bahwa ini merupakan bangunan candi petirtaan dengan tipe leter U,” kata pengkaji cagar budaya dari BPCB Jawa Tengah, Muhammad Junawan, Jumat (2/8/2019).

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Candi petirtaan ini diduga digunakan oleh peziarah di masa lalu menyuciankan diri sebelum memasuki suatu bangunan suci. Candi petirtaan di lahan yang semula hendak dibangun kolam ikan koi ini memiliki ukuran 22,5 m. “Petirtaan dengan tipe leter U yang kita temukan ini paling besar di Jateng karena beberapa candi petirtaan yang kita temukan rata-rata berukuran sekitar 4-6 m,” katanya.

Ia menyampaikan dari hasil rekonstruksi yang dilakukan sudah berhasil menemukan komponen-komponen batu yang kira-kira sembilan lapis dengan ketinggian lebih dari 2,5 m dengan ornamen pahatan yang detail dan kualitas batu yang baik serta ukiran-ukiran yang baik juga. “Candi petirtaan ini dialiri air, peziarah menyucikan diri di pancuran-pancuran, di sini juga ditemukan saluran air dua macam, yakni saluran air yang outlet dan inlet, jadi keluar masuknya air itu sudah ada jenis-jenis saluran air yang kita temukan seperti itu, jadi ada saluran air yang memang masuk dan dikeluarkan lewat pancuran,” katanya.

Ia mengatakan pembuatan candi petirtaan ini belum diketahui tahun berapa, karena belum menemukan bukti-buktinya. “Kita melakukan pendekatan dengan pertanggalan relatif, yaitu dengan profil candinya sesuai dengan pada masa klasik pertengahan, perkiraan tahun 800-950-an jadi sekitar abad ke-9,” katanya.

Ia menuturkan tempat petirtaan yang selama ini ditemukan berupa situs agama Hindu dan juga kebiasaan-kebiasaan agama Hindu juga ada tentang ziarah ke sumber air suci.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya