Eks TPA Gebangharjo Wonogiri Disulap Jadi Objek Wisata Bukit New Sogi

Objek wisata di eks TPA Gebangharjo saat ini dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul anak muda yang tinggal di wilayah sekitar.

 Pemandangan alam dari objek wisata bekas TPA Gebangharjo, Pracimantoro, Wonogiri, Kamis (27/1/2022). (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

SOLOPOS.COM - Pemandangan alam dari objek wisata bekas TPA Gebangharjo, Pracimantoro, Wonogiri, Kamis (27/1/2022). (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI—Bekas lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, kini beralih rupa menjadi tempat wisata Bukit New Sogi. Inisiatif tersebut lahir dari para anggota karang taruna desa setempat.

Ide itu lalu diajukan Widi ke Kepala Desa Gebangharjo, Wasino. Melalui swadaya, terkumpul dana Rp3 juta untuk pembersihan lingkungan eks TPA Gebangharjo dan kebutuhan lainnya.

PromosiDagelan Mataram ala Srimulat: Lelucon, Satire, dan Pelajaran

“Dulu, Ketua Karang Taruna bilang ke saya, dari pada [eks TPA Gebangharjo] hanya menjadi bekas tempat sampah sementara di area itu ada embung, lebih baik dimanfaatkan jadi objek wisata,” kata Wasino saat ditemui Solopos.com, Jumat (28/1/2022).

Baca Juga: Objek Wisata Wonogiri Boleh Buka, Alun-Alun Tutup saat Pergantian Tahun

Wasino menambahkan Pemdes Gebangharjo sampai saat ini belum mengucurkan dana resmi untuk membantu pendirian objek wisata di eks TPA Gebangharjo. Alasannya, anggaran desa masih diprioritaskan untuk penanganan Covid-19.

Berdasarkan pengamatan Solopos.com, eks TPA Gebangharjo sudah jauh dari bau busuk, Kamis (27/1/2022). Di pinggir bukit tampak tersusun pagar pembatas yang terbuat dari batang pohon. Sementara di bawah pohon di sisi utara dibangun tempat duduk terbuat dari potongan bambu dan beberapa batang pohon.

“Soalnya sudah lama pembuangan sampah di situ mengganggu warga dan pengguna jalan lain karena bau menyengat. Itu membuat teman-teman [anggota karang taruna] berinisiatif menjadikannya sebagai tempat wisata,” kata Ketua Karang Taruna Dusun Danggolo dan Dusun Jati, Widianto, saat ditemui Solopos.com, Jumat (28/1/2022).

Baca Juga: Wisata Wonogiri Ramai Lagi, Ekonomi Menggeliat

Widianto mengatakan objek wisata di eks TPA Gebangharjo yang baru selesai empat bulan dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul anak muda yang tinggal di wilayah sekitar.

“Untuk nongkrong dan belajar. Mulai dari siswa SMP sampai anak-anak yang baru lulus SMA. Banyak yang ke sana [Bukit New Sogi] juga karena sinyalnya bagus, tidak perlu menggunakan wifi,” kata Widianto.

Ia berharap ke depan objek wisata itu menjadi tempat edukasi hingga wisata baik anak muda maupun saat bersama keluarga.

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

Tabrak Pohon & Masuk Parit di Jaten Karanganyar, Warga Solo Meninggal

Pengendara motor asal Kadipiro, Banjarsari, Kota Solo, Danis Wisnu Murti, 23, meninggal seusai terlibat kecelakaan tunggal di Jl. Solo-Sragen tepatnya Jaten, Kabupaten Karanganyar, pada Selasa (17/5/2022).

Apa Itu Onggo-Inggi, Sosok yang Kerap Muncul di Jembatan Jurug Solo?

Apa sih itu Onggo-Inggi, sosok yang dikabarkan kerap muncul di Jembatan Jurug Lama Solo, Jawa Tengah?

Lahan 20,1 Hektare di Sragen Dihibahkan ke Kemenparekraf, Ini Lokasinya

Pemkab Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kemenparekraf untuk pembangunan Poltekpar Negeri, lokasi lahan itu tersebar di tiga kelurahan.

Pemkab Klaten Kembali Mendapatkan Opini WTP, Ini Komentar Bupati

Pemerintah Kabupaten Klaten sukses mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun Anggaran 2021.

Pemkab Sragen Hibahkan Lahan 20,1 Hektare ke Kemenparekraf, Buat Apa?

Pemkab Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kemenparekraf untuk lokasi pembangunan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri.

Kenapa Nama Sala Berubah Jadi Solo? Ternyata Ini Sejarahnya

Kira-kira kenapa nama Sala bisa berubah menjadi Solo, salah satu kota yang ada di Jawa Tengah? Ternyata begini sejarahnya.

Butuh 2 Crane Evakuasi 2 Truk Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Evakuasi kedua truk yang terlibat kecelakaan di Jl. Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) membutuhkan dua crane.

Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Kecelakaan maut melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) diduga karena sopir mengantuk.

Dua Orang Meninggal Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Polisi menyebut dua orang meninggal dalam kecelakaan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Bluar! Dikira Truk BBM Terbakar di Jl. Solo-Semarang Boyolali, Ternyata

Salah seorang warga menyampaikan kesaksian saat kecelakaan melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Breaking News! Dua Truk Alami Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Dua unit truk terlibat kecelakaan di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Selasa (17/5/2022).

Mirip Punya Pemkot, Di Keraton Solo Juga Ada Wahana Kereta Listrik Lho

Di kawasan wisata Keraton Solo ada wahana baru kereta listrik yang bentuknya mirip kendaraan listrik wisata milik Pemkot Solo, mau coba?

Rudy Ikut Donor, DPC PDIP Solo Himpun 221 Kantong Darah

DPC PDIP Solo mengadakan aksi donor darah dan berhasil menghimpun 221 kantong dari pengurus dan kader. Aksi dipimpin langsung oleh FX Hadi Rudyatmo yang juga menjadi donor.

Libur Waisak Pasar Gede Solo Dipadati Pengunjung, Ini Yang Diburu

Pasar Gede Solo dipadati pengunjung dari luar kota yang ingin menikmati kuliner khas atau membeli oleh-oleh pada libur Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022).

Beredar Surat PLN Solo Tertibkan Pemakaian Daya, 450 VA Jadi 1.300 VA

Surat berisi pemberitahuan dari PLN kepada pelanggan mengenai penertiban daya listrik dari 450 VA menjadi 1.300 VA beredar di Solo.