SOLOPOS.COM - Temuan dari lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. (Detik)

Solopos.com, JAKARTA -- Sejumlah komponen pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2020), sudah teridentifikasi.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkapkan komponen pesawat yang sudah teridentifikasi mulai dari ekor pesawat hingga peluncur darurat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Kemudian tim KNKT juga ada yang di JICT hari ini sudah menerima dari Basarnas beberapa komponen. Ada beberapa yang sudah diidentifikasi yaitu berupa beberapa instrumen pesawat ada GPWS, dan radio altimeter. Kemudian juga alat peluncur darurat, ini akan kami identifikasi dari pintu sebelah mana karena pesawat itu ada empat," kata Ketua Sub Komite IK Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo, dalam pernyataannya sebagaimana dikutip detikcom, Minggu (10/1/2021).

Sebelum Terbang, Penumpang Sriwijaya Air SJ182 Asal Sragen Sempat Posting Ini di Insta Story

Kemudian, Nurcahyo melanjutkan komponen pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang sudah teridentifikasi, umumnya dari bagian ekor sebelah bawah. Tetapi KNKT belum bisa menentukan apakah itu ekor sebelah kiri sebelah kanan.

Nurcahyo mengatakan KNKT sudah mengirim tiga investigator bergabung untuk bersama tim melakukan pencarian sejak pagi, Minggu. Belum ada perkembangan mengenai hasilnya namun proses masih berlangsung.

Pengumpulan Data

"Berikutnya tim juga sudah mengirim dua orang untuk melakukan pengumpulan data pada Perum LPPNPI atau AirNav Indonesia. Sudah mengumpulkan rekaman berikut transkrip pembicaraan antara pilot dengan pengatur lalu lintas udara," ujar Nurcahyo.

Tinggal 4 Hari, DKK Solo Kebut Persiapan Vaksinasi Covid-19 Nakes

Selain komponen pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang teridentifikasi itu, kata Nurcahyo, KNKT juga sudah mendapatkan data mentah dari data radar pergerakan pesawat. Data tersebut selanjutnya akan dikaji lebih mendalam.

"Berikutnya tim juga sudah melakukan wawancara dengan petugas lalu lintas udara yang kemarin bertugas mengendalikan penerbangan yang mengalami kecelakaan. Belum semua tuntas dan untuk selanjutnya masih ada beberapa interview," ujarnya.

Jalu Bocah Hanyut Di Sungai Tanjunganom Sukoharjo 4 Hari Lalu Akhirnya Ketemu

Tim gabungan berhasil mengumpulkan puluhan kantong dari lokasi pencarian, Kepulauan Seribu. Puluhan kantong itu berisi serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182 hingga potongan tubuh manusia.

"Dari kegiatan hari ini hingga pukul 19.20 WIB tadi, kami sudah mendapatkan 10 kantong berisi serpihan atau potongan dari badan pesawat. Sebanyak 16 bagian atau potongan besar, 10 kantong jenazah berisi bagian tubuh korban dan lima potong pakaian," kata Kabasarnas, Marsdya Bagus Puruhito, di Pelabuhan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (10/1/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya