SOLOPOS.COM - Garuda Pancasila, lambang negara Republik Indonesia. (JIBI/Solopos/Antara)

Para rektor akan mendorong konsep ekonomi pancasila yang bisa menjadi dasar ekonomi di Indonesia

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harianjogja.com, JOGJA – Forum Rektor Indonesia (FRI) akan menyorot ekonomi pancasila dalam Focus Group Discussion (FGD) yang akan digelar di Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Ringroad Selatan, Jumat (25/8/2017) mendatang.

Dalam diskusi itu, para rektor akan mendorong konsep ekonomi pancasila yang bisa menjadi dasar ekonomi di Indonesia. FRI juga mendorong, kampus di Indonesia dapat menerapkan kurikulum ekonomi pancasila di perkuliahan.

Ketua Kelompok Kerja Ekonomi Pancasila FRI Prof. Edy Suandi Hamid menjelaskan, dalam diskusi itu para rektor akan memformulasikan pemikiran ekonomi pancasila melalui tema Memperkuat Sistem Ekonomi Pancasila dalam Kebijakan Affirmative Action Mengatasi Ketimpangan Ekonomi.

Fokus diskusi itu sengaja diangkat, karena isu ketimpangan tengah menjadi sorotan. Teman itu menjadi kajian serius, karena FRI sudah menyiapkan sejak 10 tahun lalu, bahwa Pancasila harus menjadi rujukan, bukan hanya politik, sosial, namun juga ekonomi. Mengingat ekonomi pancasila diklaim bisa menjadi jawaban terhadap ketimpangan kemiskinan.

“Eropa barat ideologinya kapitalis, ekonominya juga kapitalis. Kita ideologi pancasila seyogyaanya ekonominya juga pancasila. Nanti akan kami rumuskan dalam diskusi Forum Rektor konsepnya,” terangnya dalam konferensi pers di sebuah hotel Jalan Mangkubumi, Selasa (22/8/2017).

Sayangnya, lanjut Edy, ekonomi pancasila menjadi hal yang asing. Bahkan, tidak banyak perguruan tinggi di Indonesia yang mengajarkan ekonomi pancasila, jika pun diajarkan hanya satu bab saja sehingga masih sangat dangkal. Universitas Trilogi menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang secara khusus memberikan materi ini di semua prodi.

Kurikulum, kata dia, memang menjadi kewenangan setiap perguruan tinggi. Namun ia berharap, kampus bisa mengadopsi ekonomi pancasila untuk diajarkan ke mahasiswa. “Kami mendorong agar ekonomi pancasila ini bisa masuk dalam kurikulum perguruan tinggi,” tegas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya