EKONOMI KREATIF : Terbukti Berikan Penghasilan Bagi IRT, Pelatihan Makin Digiatkan

EKONOMI KREATIF : Terbukti Berikan Penghasilan Bagi IRT, Pelatihan Makin Digiatkan

SOLOPOS.COM - Kerajinan Kursi Mini (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Pelatihan coding bagi ibu-ibu terbukti mempu memberikan penghasilan paruh waktu bagi ibu rumah tangga.

Solopos.com, JOGJA – Badan Ekonomi Kreatif berencana memberikan kursus “coding” atau bahasa pemrograman bidang teknologi informasi bagi para tenaga kerja wanita sebagai solusi memperoleh penghasilan secara mandiri.

“Kami akan mengadakan ‘coding mom’ bagi TKW, seperti di Singapura atau di Hongkong, agar mereka tidak perlu lagi bekerja sebagai pembantu rumah tangga di luar negeri,” kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf seperti dikutip Antara, Kamis (21/7/2016).

Triawan mengatakan bahwa “coding mom” atau pelatihan coding bagi ibu-ibu yang sebelumnya telah diselenggarakan awal 2016 telah terbukti mempu memberikan penghasilan paruh waktu bagi ibu rumah tangga.

Program yang digagasnya tersebut, menurut Triawan, telah mendapatkan respons positif dari internasional, termasuk dari National University of Singapura (NUS) yang mengakui “coding mom” sebagai program pertama di dunia.

“Melalui pelatihan tiga bulan itu, mereka [ibu rumah tangga] terbukti bisa menghasilkan ‘income’ dengan belajar ‘coding’,” katanya.

Oleh karena itu, dia berharap rencana untuk melebarkan pelatihan “coding mom” bagi TKW tersebut dapat segera terwujud sehingga mereka dapat kembali ke Indonesia untuk mengembangkan usaha mandiri.

Industri kreatif dengan basis teknologi informasi, kata Triawan, akan terus berkembang di Indonesia sebab dengan hanya dikerjakan dua atau tiga orang saja dapat memiliki multiplier effect yang besar.

“Seperti perusahaan Go-Jek dapat berkembang pesat karena dapat mengintegrasikan seluruh layanannya melalui aplikasi,” katanya.

Menurut dia, ke depan pengembangan 16 subsektor ekonomi kreatif yang menjadi domain Bekraf, seperti arsitektur, desain interior, kuliner, desain komunikasi visual, penerbitan, serta periklanan akan sangat dipengaruhi oleh aplikasi perangkat lunak.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kereen, Polsek Polokarto Budi Daya Lele dan Hidroponik di Lahan Kosong

Ikan lele dapat dipanen setelah kurang lebih tiga bulan yang dapat dipasarkan dengan mengundang pedagang dari Pasar Polokarto.

FOTO : Pembagian Oksigen Gratis di Loji Gandrung

Pengisian ulang oksigen gratis di Loji Gandrung

FOTO : Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelajar Kota Solo

Vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di Kota Solo

FOTO : Sepi Pengunjung, Perwatan Satwa TSTJ Terus Dilakukan

Perawatan satwa koleksi Taman Satwa Taru Jurug

Hari Jadi Ke-271 Kabupaten Klaten, Sederet Penghargaan Diraih Bupati

Sederet penghargaan diraih Bupati Sri Mulyani selama memimpin Kabupaten Klaten sejak periode pertama 2017 hingga periode kedua 2021

Lagi, Megawati Singgung Presiden Jokowi soal Kementerian

Megawati mengingatkan Presiden Jokowi agar memegang komando kerja penanganan bencana.

Cakep! Jembatan Gantung Dungus Klaten Dicat Warna-Warni, Cocok untuk Spot Selfie

Jembatan gantung di Dukuh Dungus, Desa Mundu, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, dicat warna-warni sejak tiga pekan terakhir.

Pakar ITB Sebut Pekalongan, Demak, & Semarang Bakal Tenggelam, Ini Penyebabnya Versi ESDM Jateng

ESDM Jateng membeberkan penyebab Semarang, Demak, dan Pekalongan, yang diprediksi tenggelam.

Hati-Hati, Risiko Kematian Akibat Covid-19 Bergeser dari Lansia ke Usia Produktif

Peningkatan kematian disebabkan mobilitas penduduk pada kelompok usia produktif yang cukup tinggi.

Ditantang Warga Positif Covid-19 Main Pingpong di GOR Gelarsena Klaten, Begini Jawaban Gubernur Ganjar

Gubenur Jateng Ganjar Pranowo mengunjungi tempat isolasi terpusat pasien corona di GOR Gelarsena Klaten pada Rabu (4/8/2021).

4.299 Pelamar CPNS dan PPPK di Boyolali Lolos Administrasi

Sebanyak 4.299 pelamar CPNS dan PPPK tahun anggaran 2021 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali telah lolos tahap administrasi.

Dukung Operasional Satgas Covid-19, Baznas Klaten Serahkan Bantuan

Baznas menyerahkan perlengkapan pendukung operasional Satgas Covid-19 di Kabupaten Klaten dalaman menangani pandemi Covid-19.