SOLOPOS.COM - Kerajinan Kursi Mini (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Pelatihan coding bagi ibu-ibu terbukti mempu memberikan penghasilan paruh waktu bagi ibu rumah tangga.

Harianjogja.com, JOGJA – Badan Ekonomi Kreatif berencana memberikan kursus “coding” atau bahasa pemrograman bidang teknologi informasi bagi para tenaga kerja wanita sebagai solusi memperoleh penghasilan secara mandiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami akan mengadakan ‘coding mom’ bagi TKW, seperti di Singapura atau di Hongkong, agar mereka tidak perlu lagi bekerja sebagai pembantu rumah tangga di luar negeri,” kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf seperti dikutip Antara, Kamis (21/7/2016).

Triawan mengatakan bahwa “coding mom” atau pelatihan coding bagi ibu-ibu yang sebelumnya telah diselenggarakan awal 2016 telah terbukti mempu memberikan penghasilan paruh waktu bagi ibu rumah tangga.

Program yang digagasnya tersebut, menurut Triawan, telah mendapatkan respons positif dari internasional, termasuk dari National University of Singapura (NUS) yang mengakui “coding mom” sebagai program pertama di dunia.

“Melalui pelatihan tiga bulan itu, mereka [ibu rumah tangga] terbukti bisa menghasilkan ‘income’ dengan belajar ‘coding’,” katanya.

Oleh karena itu, dia berharap rencana untuk melebarkan pelatihan “coding mom” bagi TKW tersebut dapat segera terwujud sehingga mereka dapat kembali ke Indonesia untuk mengembangkan usaha mandiri.

Industri kreatif dengan basis teknologi informasi, kata Triawan, akan terus berkembang di Indonesia sebab dengan hanya dikerjakan dua atau tiga orang saja dapat memiliki multiplier effect yang besar.

“Seperti perusahaan Go-Jek dapat berkembang pesat karena dapat mengintegrasikan seluruh layanannya melalui aplikasi,” katanya.

Menurut dia, ke depan pengembangan 16 subsektor ekonomi kreatif yang menjadi domain Bekraf, seperti arsitektur, desain interior, kuliner, desain komunikasi visual, penerbitan, serta periklanan akan sangat dipengaruhi oleh aplikasi perangkat lunak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya