SOLOPOS.COM - Yehezkiel Cyndo menunjukkan produk scrapframe Cerita Kecil yang dibuatnya, Jumat (1/9/2017). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Ekonomi kreatif berikut diolah dari bakat melukis

Harianjogja.com, JOGJA-Memori masa lalu yang berkesan, tak cukup disimpan dan dikenang. Lewat bakat melukis dan kreativitas Yehezkiel Cyndo, 28, kenangan itu dapat diintrepretasikan menjadi suatu cerita bergambar di sebuah bingkai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kerajinan scrap frame merupakan produk handmade yang sudah digeluti Cyndo, demikian biasa dia disapa, sejak 2013 silam. Mengadopsi teknik scrapbook yang populer beberapa tahun ke belakang, Cyndo mengembangkannya dengan teknik-teknik menggambar yang dimilikinya.

“Awalnya, saya ingin karya yang dibuat bisa dikenal atau istilah orang Jawa, semebar [tersebar] dan menjadi sumber pendapatan. Kebetulan juga saya kuliah di desain produk, dilihat dari sisi desain layak dipasarkan,” ujar Cyndo ditemui Harianjogja.com, Jumat (1/9/2017).

Berbeda dengan kebanyakan produk scrapbook atau scrapframe lainnya, Cyndo membuat seluruh pernik di dalam bingkai secara manual. Gambar yang dilukisnya seluruhnya menggunakan cat air. Jadi tidak ada ornamen yang berasal dari print foto dari produk scrapframe yang dilabelinya dengan nama Cerita Kecil.

“Intinya, Cerita Kecil ini menceritakan kembali cerita orang-orang dalam bentuk gambar dan dikemas dalam bingkai,” ungkap Cyndo.

Kali pertama memperkenalkan produknya adalah ketika salah satu kerabatnya meminta dibuatkan suvenir pernikahan saudaranya. Saat itu, tidak banyak produk yang dibuat, namun sejak itu bisnis ini mulai serius dilakoninya.

“Saat itu, Instagram belum seramai sekarang. Selain dari sosial media, saya juga ikut pameran-pameran produk kreatif, seperti Pasar Kangen. Respon pasar kala itu ternyata sangat bagus,” ungkap lulusan Desain Produk Universitas Kristen Duta Wacana ini.

Kini, sebagian besar produknya lebih banyak dipesan dari akun Instagram, @cerita.kecil. Dalam sebulan sedikitnya, 20-30 bingkai cerita yang dapat dibuat Cyndo. Cyndo mengaku sejak kali pertama usahanya berdiri, pengerjaan pesanan Cerita Kecil masih dikerjakannya sendiri.

Sedangkan untuk harga, Cyndo membanderolnya mulai dari Rp115.000 sampai Rp500.000 untuk scrapframe berukuran A3.”Sebagian besar produk scrapframe ini kustom yakni berdasarkan pesanan,” jelas Cyndo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya