SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah mencatat pertumbuhan perekonomian Jateng 5,14% pada triwulan I tahun 2019 secara year on year (yoy).

Pada sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh semua lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan penyediaan akomodasi dan makan-minum yang tumbuh 12,55%. Sementara itu, pada sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi LNPRT yang tumbuh sebesar 12,41%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah Sentot Bangun Widoyono mengatakan, ekonomi Jawa Tengah triwulan l/2019 meningkat sebesar 1,83% (q-to-q). Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 20,80%. Sedangkan dari sisi pengeluaran dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga.

“Perekonomian di Jateng tumbuh 5,4% jika dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh kategori akomodasi makan dan minum 12,5%, informasi dan komunikasi 12,2% serta transportasi dan pergudangan 9,22%,” kata Sentot Senin (6/5/2019).

Dia menjelaskan perekonomian Jawa Tengah berdasarkan besaran produk domestik regional bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan I/2019 mencapai Rp328.002,76 miliar dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp240.347,87 miliar. Sementara itu, untuk struktur ekonomi Jateng pada triwulan l/2019 dari sisi produksi masih tetap didominasi oleh lapangan usaha industri pengolahan, sebesar 34,20%.

Sedangkan, dari sisi pengeluaran didominasi oleh komponen pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PKRT) yang mencapai sebesar 60,86%.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya