SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Ekonomi Jateng diharapkan semakin tumbuh dengan dipermudahnya perizinan.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya mempercepat laju pertumbuhan ekonomi yang sempat tersendat karena pengaruh krisis perekonomian global dengan melakukan berbagai terobosan.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

“Salah satu terobosan yang kami lakukan untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi adalah dengan membuat berbagai kemudahan perizinan sekaligus insentif bagi para investor,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Selasa (23/2/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Ganjar mengakui jika laju pertumbuhan ekonomi di Jateng sempat mengalami pelambatan yang bersumber dari melambatnya ekspor dan investasi sebagai akibat kondisi perekonomian dunia dan nasional yang juga melambat.

Terkait dengan kondisi tersebut, Pemprov Jateng mengembangkan ekonomi di 35 kabupaten/kota dengan mengarahkan pada perwujudan perekonomian daerah yang berbasis pada potensi unggulan daerah dengan dukungan rekayasa teknologi dan berorientasi ekonomi kerakyatan.

“Implementasinya pada peningkatan dan pengembangan peran usaha mikro, kecil, dan menengah dalam pemenuhan kebutuhan pasar domestik serta berorientasi ekspor, dan pengembangan kewirausahaan untuk mendorong daya saing,” ujarnya.

Selain itu, Pemprov Jateng juga mempermudah penyaluran kredit usaha rakyat dan mendorong para pelaku UMKM dengan fasilitas negara.

Menurut Ganjar, iklim usaha yang kondusif untuk menarik investor mutlak dilakukan, apalagi dengan penentuan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2016 di Jawa Tengah yang berdasarkan survei perkembangan harga yang nyaris tidak menimbulkan gejolak di provinsi setempat.

“Jateng sangat menarik bagi investor karena masyarakat setempat giat bekerja dan waktu ada relokasi industri dari Jakarta dan Jawa Barat ke Jateng, sejumlah investor menyambut baik,” kata Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya