Ekonomi Indonesia Diproyeksi Tumbuh 3% Akibat PPKM Level 4

Ekonomi Indonesia diproyeksi hanya tumbuh 3% akibat dilanjutkannya PPKM Level 4 hingga Senin (2/8/2021) awal bulan depan.

 Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap ekonomi masyarakat Indonesia. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap ekonomi masyarakat Indonesia. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah memutuskan memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 hingga Senin (2/8/2021) awal bulan depan. Ekonomi Indonesia diproyeksi hanya tumbuh 3% akibat dilanjutkannya PPKM Level 4.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Mohammad Faisal mengatakan perpanjangan masa pemberlakuan pembatasan mobilitas masyarakat akan memberikan tekanan yang besar terhadap dunia usaha dan perekonomian. Dia pun memperkirakan pembatasan ketat mobilitas masyarakat yang terus berlanjut berpotensi kembali menurunkan angka proyeksi pertumbuhan ekonomi pemerintah.

Sebagaimana diketahui, pemerintah di luar masa PPKM Level 4 telah menurunkan angka proyeksi pertumbuhan ekonomi 2021 menjadi pada kisaran 3,7% hingga 4,5%.

Baca Juga: Asteroid 2 Kali Big Ben Mengarah ke Bumi  

Bank Indonesia (BI) juga telah menurunkan angka proyeksi pertumbuhan ekonomi 2021 menjadi 3,5% hingga 4,3%, dari proyeksi sebelumnya 4,1% hingga 5,1%. “Semakin panjang PPKM diterapkan, akan semakin menekan dunia usaha dan ekonomi. Penurunan proyeksi bisa kembali terjadi,” katanya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Minggu (25/7/2021).

Faisal pun memperkirakan perekonomian pada tahun ini hanya akan tumbuh pada kisaran 3% jika melihat perkembangan indikator ekonomi saat ini. Namun, pertumbuhan ekonomi pada kuartal III/2021 diperkirakan masih akan mengalami pertumbuhan yang positif dikarenakan efek dari basis yang rendah pada kuartal III/2020.

Oleh karena itu, dia mengatakan implementasi PPKM Level 1-4 diharapkan dapat menekan kenaikan kasus Covid-19 dan benar-benar mengendalikan penyebaran Covid-19. “Jika PPKM berhasil, ini juga diharapkan pengusaha pengetatan berdampak pada penurunan pandemi, sehingga akan menyelamatkan ekonomi dalam jangka panjang,” jelasnya.

Bansos & Insentif

Faisal menambahkan berlanjutnya pengetatan mobilitas masyarakat juga akan menambah beban fiskal karena pemerintah harus memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat, khususnya yang terdampak melalui bansos dan berbagai insentif.

“Yang menjadi concern saya adalah apakah bantuannya tepat atau tidak. Pemerintah bisa melakukan refocusing dan jika direalokasi dengan baik, diharapkan defisit anggaran tidak melebar,” jelasnya.

Kepala Ekonom BCA David Sumual memperkirakan ekonomi pada kuartal III/2021 akan tumbuh di bawah 4%. Meski mobilitas masyarakat diperketat, tetapi tidak separah jika dibandingkan dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 2020.

Baca Juga: Ini 20 Manfaat Susu Beruang Bear Brand

“Tapi memang pasti ada pengaruh untuk belanja barang-barang tahan lama atau durable goods. Jadi, pasti ada koreksi untuk kuartal ke III. Kuartal II tidak akan signifikan terpengaruh, tapi kuartal III-nya yang akan di bawah ekspektasi,” katanya.

Dia mengatakan, kinerja ekspor akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga 2021. Hal ini tercermin dari tren surplus perdagangan yang terus berlanjut hingga Juni 2021.

Meski demikian, menurutnya proyeksi pertumbuhan ekonomi tersebut juga akan sangat bergantung pada berapa lama pengetatan mobilitas ketat akan berlangsung. “Permintaan ekspor masih relatif baik, tapi persoalannya ini ekonomi kita ditopang banyak dari konsumsi. PPKM-nya ini seberapa lama,” ujarnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Atta Halilintar Datangi Mapolres Jaksel Malam Tadi, Ada Apa?

Konten kreator Savas Fresh menuduhkan masalah utang ke orang lain,

Sejoli Tipu-Tipu Arisan Online Investasi, Gunakan Selebgram untuk Gaet Peserta

Setiap anggota harus mengikuti arisan mulai Rp1 juta sampai Rp15 juta agar bisa ikut skema investasi.

Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik Ditarget Selesai sebelum Jokowi Lengser

Kerja sama investasi pembangunan pabrik baterai di Indonesia dilakukan dengan dua negara yaitu LG Chem asal Korea Selatan, dan CATL asal China.

Setahun, Harta Wagub Naik Hampir Rp40 Miliar, Koleksi 72 Unit Kendaraan

Jika dihitung, kekayaan Ijeck dalam setahun, 2019-2020, naik sekitar Rp39,7 miliar.

Salut! Polisi Madiun Angkat 100 Anak Yatim Piatu Korban Covid-19

Dari 166 anak yatim piatu korban Covid-19, 100 di antaranya diangkat menjadi anak asuh anggota Satlantas Polres Madiun Kota.

Chopperland Jokowi Menghilang dari LHKPN, Kok Bisa?

Pada LHKPN terbaru, Jokowi tercatat memiliki alat transportasi dan mesin sebanyak 8 unit.

Haduh! Dua Cincin Nyangkut di Alat Kelamin Suami, Kok Bisa Sih?

Waduh seorang suami di Malaysia harus dilarikan ke rumah sakit karena alat kelami atau penisnya tersangkut dua buah cincin.

Ansari Kadir, Dulu Sering Gagal Bisnis Kini Punya 100 Outlet

Kini Sang Pisang telah memiliki 100 outlet termasuk di Malaysia.

Gubernur Anies Larang Rokok Dipajang, Produsen Menjerit

Seruan Gubernur direalisasikan dalam bentuk penindakan oleh Satpol PP DKI Jakarta.

Pemerintah Targetkan Ekspor Mobil Listrik di Tahun 2022

Infrastruktur dasar KIT Batang selesai sejak Mei 2021, pembangunan fasilitas recycle, cathode, dan precursor dimulai akhir tahun ini.

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

118,36 Juta Dosis Telah Disuntikkan, Pemerintah Terus Upayakan Akselerasi Vaksinasi

Akselerasi vaksinasi baik dalam hal distribusi maupun pelaksanaannya terus dilakukan Pemerintah.

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Buntut Buka-Bukaan Soal Gaji, Krisdayanti Dipanggil Fraksi PDIP, Diberi Sanksi?

Krisdayanti dipanggil Fraksi PDIP DPR RI untuk dimintai klarifikasi terkait pernyataannya soal gaji DPR yang membuat heboh.

Kapal Pengayoman IV Milik Kemenkum HAM Terbalik di Cilacap, 2 Meninggal 5 Selamat

Kapal Pengayoman IV milik Kemenkum HAM terbalik di Cilacapn karena embusan angin kencang yang membuat kapal terbalik.