SOLOPOS.COM - Menerobos Hujan Abu Vulkanik

Harianjogja.com, BANTUL-Kendati berjarak lebih dari 200 km dari DIY, letusan Gunung Kelud di Jawa Timur pada Kamis (13/2/2014) malam menyebabkan aktivitas perekonomian di Kabupaten Bantul lumpuh pada Jumat (14/2/2014).

Di pusat perbelanjaan di Bantul, aktivitas jual beli masyarakat nyaris terhenti. Di Pasar Tradisional Bantul hanya tiga-empat lapak sayuran yang buka. Sementara kios-kios pedagang tutup. Sementara toko-toko di pinggir jalan maupun warung makan juga tutup. Warga yang hendak makan siang kesulitan mencari warung yang buka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ponidi,35, salah satu pedagang di Pasar Bantul menyatakan, sepinya Pasar Bantul sudah terjadi sejak pagi hari. “Sudah sepi dari pagi. Yang jual ayam saja biasanya ada delapan belas orang sekarang cuma satu orang,” kata Ponidi, Jumat (14/2/2014).

Pedagang memilih tidak berjualan, di antaranya karena sepinya pembeli. Lantaran warga memilih berdiam di dalam rumah. Selain itu, pengepul yang biasa memasok pangan ke Pasar Bantul juga tidak datang. Pedagang sayur yang nekad membuka lapak hanya mengandalkan sayur sisa hari sebelumnya yang belum laku terjual.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul Sulistyanta menyatakan, lumpuhnya perekonomian juga terjadi di Pasar Niten.

“Tadi pagi saya singgah ke Niten, hanya 40% yang buka,” ujarnya.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Dewanto mengakui, dampak letusan Gunung Kelud lebih parah dari Merapi meski jarak antara lokasi letusan dengan DIY mencapai lebih dari 200 Km. “Bantul ini termasuk parah, tertiup angin kencang hingga abu menebal,” ungkap Dewanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya