SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SLEMAN — Ekonom yang juga staf pengajar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja, A. Tony Prasetiantono, meninggal dunia, Rabu (16/1/2019) pukul 23.30 WIB.

“Keluarga besar UGM sedang berduka karena kepergian salah satu dosen terbaik. Mohon doanya saja almarhum Pak Tony diterima di sisi Tuhan dan keluarga yang ditinggal diberi kesabaran dan keikhlasan,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM kepada Harianjogja/JIBI, Iva Ariani, Kamis (17/1/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jenazah Tony Prasetiantono rencananya diterbangkan dari Jakarta menuju rumah duka di Kompleks Pesona Merapi (Merapi view) Blok J78, Sleman, DIY, pukul 14.00 WIB. Jenazah almarhum akan dimakamkan pada Jumat (18/1/2019), karena menunggu kedatangan keluarga dari Belanda.

Iva Ariani mengaku belum mengetahui penyebab meninggalnya Tony Prasetiantono. Pada Rabu siang kemarin, Tony masih menjadi pembicara dalam sebuah diskusi bertema Menanti Asa Perekonomian Dua Calon Pasangan Pemimpin Indonesia.

“Belum tahu penyebabnya, karena selama ini Pak Tony sehat-sehat saja. Keluarga Pak Tony sedang mengurus kepulangan jenazah Pak Tony dari Jakarta ke Yogyakarta,” ujarnya.

Tony Prasetiantono sejak tahun 1986 merupakan dosen tetap Fakultas Ekonomi UGM serta menjabat Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik UGM.

Tony tercatat sebagai mantan Mahasiswa Teladan I Universitas Gadjah Mada dan lulus dengan predikat cum laude dari Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada di tahun 1986.

Tony meraih gelar Sarjana Ekonomi dari UGM pada 1986, gelar Master of Science dari University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat, pada tahun 1991 dan gelar Ph.D. dari Australian National University, Canberra, pada tahun 2005.

Di luar karier akademik, Tony juga tercatat menduduki komisaris di sejumlah perusahaan. Salah satunya adalah sebagai komisaris di Bank Mandiri (2003-2005). Setelahnya, dia menduduki posisi sebagai Kepala Ekonom BNI.

Dia juga pernah menjabat Komisaris Independen PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dari 2003 hingga 2005, dan dipercaya sebagai Kepala Ekonom Bank BNI. Tony juga pernah menjadi Komisaris Independen PT Bank Permata Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya