SOLOPOS.COM - Presiden Pasoepati, Mayor Haristanto (kanan) memberi untaian bunga pada bek Pelita Solo, Eko Purdjianto, yang didaulat sebagai pemain terbaik versi Pasoepati pada 2000. (Istimewa-dokumen Mayor Haristanto)

Solopos.com, SOLO — Asisten Pelatih Bali United, Eko Purdjianto, santer dikabarkan bakal menjadi pelatih anyar Persis Solo di Liga 2 2021. Manajemen anyar Persis telah menjalin komunikasi dengan Eko ihwal peluangnya menakhodai Laskar Sambernyawa.

Jika hal ini terealisasi, Eko Purdjianto bakal kembali ke kota yang mengangkat kariernya yakni saat membela Pelita Solo medio akhir 1990-an.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejumlah suporter Bali United telah mengucapkan perpisahan pada pelatih 45 tahun itu. Semeton Bali United Indonesia dalam akun facebooknya berterima kasih pada Eko yang telah setia melatih tim sejak 2015.

Baca juga: Owner Baru Persis Solo Diumumkan Siang Nanti, Suporter Bisa Saksikan Via Youtube

“Matur suksma Coach Eko atas dedikasinya selama ini bersama Bali United. Semoga sukses selalu bersama klub barunya Persis Solo,” demikian pernyataan Semeton, Kamis (18/3/2021) malam.

Belum ada kabar resmi dari Bali United maupun Persis ihwal kabar merapatnya Eko ke Kota Solo. Peresmian Eko sebagai pelatih anyar Laskar Sambernyawa diyakini menunggu momen perkenalan pemilik baru Persis yang akan digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/3/2021) siang.

Eko Purdjianto sendiri masih berkelit soal kepastiannya menjadi Pelatih Persis. Namun dia tak menampik ada klub yang mendekatinya. “Saya no comment dulu soal itu. Yang jelas ini saya masih berada di Bali,” ujar Eko saat dihubungi Solopos.com, Jumat (19/3/2021) petang.

Baca juga: Jelang Pengumuman Pemilik Baru Persis Solo, Kevin & Kaesang Akan Berbagi Saham?

Kabar merapatnya Eko ke Laskar Sambernyawa diyakini tak lepas dari calon owner baru Persis yang menjalin komunikasi dengan Bali United.

Tidak Diperpanjang Kontrak

Beberapa waktu lalu Kaesang Pangarep kedapatan bertemu dengan bos Bali United, Pieter Tanuri, dan CEO Yabes Tanuri di Bali. Kehadiran Eko ke Persis pun berpotensi membawa gerbong pemain Bali United ke Solo seperti Agus Nova Wiantara hingga Hanis Saghara. Hanis sendiri belum lama ini tidak diperpanjang kontraknya.

Sekjen Pasoepati, Anwar Sanusi, antusias saat mendengar kabar Eko diproyeksi sebagai pelatih baru Persis. Meski belum pernah menjadi pelatih kepala sebelumnya, dia menilai pengalaman Eko di tim kepelatihan Bali United selama enam tahun cukup menunjukkan kapasitasnya.

Eko turut berkontribusi saat Bali juara Liga 1 2019 dan runner up Liga 2 2017. “Saya rasa kehadirannya bakal sangat bagus untuk prospek Persis ke depan,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di Rumah Sakit Indriati Sukoharjo, Jumat.

Baca juga: Pemilik Saham Minoritas Siap Amankan Ini di RUPSLB Persis Solo

Anwar menambahkan Eko juga punya ikatan batin dengan Pasoepati lantaran pernah membela Pelita Solo medio 2000-2001. Lelaki asal Semarang itu bahkan pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik versi Pasoepati musim 2000.

“Saya mengingat Eko sebagai bek yang sangat tangguh di pertahanan. Jika benar jadi ke Persis, semoga pengalamannya sebagai pemain dan pelatih bisa membantu klub untuk promosi Liga 1,” ujar Anwar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya