Kategori: Nasional

Efikasi Vaksin Sinovac 65,3%, Ahli Virus: Tetap Bermanfaat untuk Perlindungan Diri


Solopos.com/Nugroho Meidinata

Solopos.com, SOLO -- Badan Pangan Obat dan Makanan atau POM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat alias EUA kepada vaksin Covid-19 jenis Sinovac dengan efikasi 65,3 persen.

Dengan diberikannya EUA tersebut itu berarti vaksin Covid-19 buatan Sinovac itu dijamin keamanannya.

Langgar Aturan PPKM, 3 Toko di Semarang Disegel, 87 Orang Dihukum Push Up

Efek samping dari vaksin Sinovac juga tidak berbahaya dan dapat disuntikan kepada masyarakat, dengan tenaga kesehatan sebagai prioritas.

Penilaian Badan POM terhadap efikasi dari vaksin Sinovac adalah 65,3%. Hal ini menunjukan vaksin ini diyakini mampu menurunkan penularan sebesar 65,3% dan lebih tinggi dari ketentuan WHO.

Viral Pedagang Sukoharjo Protes Jam Malam PPKM, Bandingkan Sama Solo

35 Persen Masih Bisa Tertular

Ahli virus dari Universitas Udayana, Bali, I Gusti Ngurah Kade Mahardika mengatakan efikasi vaksin Sinovac sebesar 65 persen itu memiliki arti jika disuntikkan kepada 100 orang, kemungkinan 35 orang masih bisa terinfeksi Covid-19.

Dari 35 orang itu memang bisa tertular, tetapi karena sudah divaksin, jumlah virus dalam tubuh dan nafasnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak divaksin. Risiko klinis dan risiko sebagai sumber penular juga rendah.

Selain Kebakaran, Damkar Klaten Juga Tangani Ular Masuk Rumah hingga Pelepasan Cincin

“Efikasi vaksin 65% tetap bermanfaat untuk perlindungan diri, keluarga dan orang lain. Efikasi 65% ini masih lebih baik daripada tidak ada sama sekali perlindungan. Saat ini pasien Covid-19 sudah banyak, yang meninggal pun juga sudah banyak, tenaga kesehatan saja sudah lebih dari 500 orang yang meninggal, rumah sakit juga sudah penuh. Kita butuh vaksin Covid-19 untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menekan angka penularan virus Covid-19,” terang dia dalam rilis yang diterima Solopos.com pada Senin (11/1/2021).

Perubahan SE PSBB Solo Mendadak Membingungkan Pemasok Makanan PKL Wedangan

Mahardika juga menambahkan Hal pertama yang diperhatikan dari vaksin dari Sinovac adalah keamanannya kemudian efikasi vaksin. Tinggi rendahnya efikasi tidak ada pengaruhnya terhadap keamanan dari vaksin itu sendiri.

“Tentunya dengan divaksin, sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat dan mampu melawan virus Covid-19 bila terpapar,” tambah dia.

Catat! Ini Cara Registrasi dan Verifikasi Penerima Vaksin Covid-19

 

Share
Dipublikasikan oleh
Nugroho Meidinata