SOLOPOS.COM - Foto lafadz Allah setelah diputar posisi. Foto ini diabadikan oleh Adam, 26, warga Banyuraden Gamping Sleman Kamis (23/5) sekitar pukul 05.45 WIB. JIBI/Harian Jogja/Sunartono


Foto lafadz Allah setelah diputar posisi. Foto ini diabadikan oleh Adam, 26, warga Banyuraden Gamping Sleman Kamis (23/5) sekitar pukul 05.45 WIB.
JIBI/Harian Jogja/Sunartono

SLEMAN-Awan berbentuk Allah dalam huruf arab menghiasi langit Jogja sekitar pukul 05.45 WIB, Kamis (23/5) pagi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Fenomena yang disebut sebagai efek Pareidolia ini dilihat oleh Adam, 26, warga Banyuraden, Gamping Sleman secara tidak sengaja berhasil mengabadikan gambar awan itu melalui kamera Blackberry Messengernya.

Dalam foto asli yang dikirim Adam kepada Harianjogja.com sekilas jika diperhatikan memang tidak tampak jelas awan itu bertuliskan Allah. Akan tetapi jika file foto itu di rotate ke kanan maka lafadz “Allah” dalam tulisan bahasa arab terlihat jelas.

Ada pancaran cahaya kuning keemasan terpadu dengan awan putih bersih di sekitar tulisan tersebut.

Efek pareidolia adalah fenomena psikologis dimana otak mempersepsikan bentuk, atau gambar menjadi sesuatu yang pernah kita alami atau saksikan sebelumnya.

Adam menceritakan ia secara tidak sengaja memotretkan kamera ponselnya ke langit. Alasannya sederhana, karena melihat ada awan indah dan akan dijadikan Display Picture (DP) Blackberry Messengernya.

Ia memotret awan itu tepatnya di Desa Tata Bumi, Gamping Sleman, Jalan Godean Kilometer 4,5 Yogyakarta atau kawasan STPN pada pukul 05.45 WIB pagi tadi.

“Tadi lagi di atas motor, saat lihat ke atas kok ada awan. Kelihatan menarik, tapi belum sadar ada lafadz-nya, tak foto. Sampai rumah, mau saya jadikan DP [Display Picture], kepencet rotate, baru kelihatan lafadz itu. Saya langsung gemetar,” ungkap Adam kepada Harianjogja.com, Kamis (23/5).

Adam menegaskan hasil foto yang yang bertuliskan Allah itu sama sekali tidak diedit. Ia hanya mememutar posisinya ke kanan saja dan kemudian dijadikan DP Blackberry Messengernya.

Melalui DP yang dipasang, Adam mendapatkan banyak komentar dan pertanyaan dari pengguna Blackberry Messenger.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya