SOLOPOS.COM - Pengunjung terlihat di lapak Desa Wisata Sangiran di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Minggu (10/10/2021). (Istimewa/Aries Rustioko)

Solopos.com, SRAGEN — Setelah kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, produk UMKM Desa Wisata  Sangiran ludes dalam tiga jam, Minggu (10/10/2021).

Menteri Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Sangiran yang berada di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen itu pada Sabtu (9/10/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Desa Krikilan, Widodo, menjelaskan produk UMKM khususnya produk kuliner habis sekitar pukul 09.30 WIB. Seribuan pengunjung datang bergantian atau hilir mudik sejak pukul 06.00 WIB.

Baca Juga: Mantap Banget! Sangiran Masuk Daftar 50 Desa Wisata Terbaik

“Kalangan pengunjung merupakan muda-mudi dan keluarga. Ada juga penggowes [pesepeda] yang sengaja datang untuk berburu kuliner. Dari daerah mana-mana ada, tapi banyak di sekitar sini [Kalijambe],” kata dia kepada Solopos.com, Senin (11/10/2021).

Setiap hari Minggu, menurut Widodo, pengelola desa wisata memiliki acara khusus yang dinamakan Sarapan Ning Punden Tingkir. Di sini, pengunjung bisa menikmati sejumlah kuliner khas Desa Wisata Sangiran.

Pengelola Desa Wisata, Aries Rustioko, menambahkan ada sekitar 15 pedagang yang berjualan di Punden Tingkir Sangiran setiap Minggu. Sarapan Ning Punden Tingkir dimulai pukul 06.00 WIB sampai selesai.

Baca Juga: Gunung Kemukus Siap Buka Pekan Ini, Tinggal Tunggu Lampu Hijau Bupati

Ada sejumlah menu khas desa yang dijajakan oleh warga setempat. Antara lain bujur, gendar pecel, bongko, tiwul, tahu kupat, es dawet mantan, bubur ayam, sego kuning, jamu, soto ndeso, sego bakar, gudangan, jajanan pasar, balung ketek, pentol goreng, petik sayur.

Widodo menjelaskan Desa Wisata Sangiran juga menggelar event tahunan berlangsung setiap November. Para pengunjung museum yang ingin rekreasi di Desa Wisata Sangiran selain Minggu bisa datang untuk berswafoto dengan fasilitas yang disulap warga menjadi2 fasilitas yang fotogenik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya