Kategori: Leisure

Waspada! Ini Efek Jangka Panjang yang Bisa Dirasakan Pasien Sembuh Covid-19


Solopos.com/Nugroho Meidinata

Solopos.com, SOLO -- Meski pasien Covid-19 telah dinyatakan sembuh, mereka merasakan efek jangka panjang di dalam tubuhnya.

Walaupun pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh ini sudah bebas keluhan, tapi ada pula yang mengalami beberapa gejala.

Misteri Sosok Peri yang Kerap Muncul di Waduk Cengklik Boyolali

Sebagaimana yang dikutip Solopos.com dari unggahan seorang dokter, Adam Prabata di akun Instagramnya, @adamprabata, 87,4 persen pasien sembuh masih merasakan satu gejala.

Gejala tersebut akan dirasakan kurang lebih selama 60 hari sejak muncul pertama kali.

Diam-diam 5 Artis Ini Juga Berprofesi Jadi Pengacara

"Lebih dari 50% pasien Covid-19 yang sudah sembuh masih bergejala pasca dinyatakan sembuh, bahkan hingga 3 bulan setelah sembuh. Keluhannya meliputi nyeri otot, lelah, batuk berdahak, hingga diare," ungkap pengguna akun @adamprabata, Rabu (7/10/2020).

Adapun gejala yang dirasakan adalah 16-53 persen mudah lelah, 14-43 persen sesak napas, 31 persen gangguan pencernaan dan 22-27 persen nyeri dada dan sendi.

Gaya Puan Maharani Saat Berkebun di Halaman Rumah

Selain gelaja-gejala tersebut, pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 juga mempunyai efek jangka panjang yang berpengaruh terhadap kinerja jantung dan paru-paru serta sistem saraf.

Kesehatan Jantung

Dalam penelitian yang ditampilkan pula oleh Adam menyebutkan sebanyak 78 persen pasien ditemukan memiliki masalah jantung akibat Covid-19 setelah 71 hari pasca sembuh.

Kemudian, ada 60 persen pasien juga ditemukan radang otot jantung pada 71 hari setelah sembuh.

Pria Wajib Baca! Ini Cara Mengatasi Istri yang Mudah Marah Saat PMS

Dan terakhir 46 persen atlet yang terkena Covid-19 dan kategori orang tanpa gejala (OTG) namun sudah sembuh, mereka terdeteksi pula terkena radang atau cedera otot jantung.

Bahaya Bermain HP Sebelum Tidur, Bisa Bikin Gemuk?

Paru-paru

Dalam unggahan tersebut juga ditampilkan sebanyak 71 persen pasien sembuh Covid-19 terdeteksi adanya kelainan dan penurunan fungsi paru-paru. Hal itu terjadi rata-rata tiga bulan setelah sembuh.

Selain itu, ada 75 persen pasien yang sembuh dari Covid-19 juga mengalami penurunan fungsi paru-paru pada satu bulan setelah sembuh.

Ciri-ciri Rumah Kamu Angker, Nomor 6 Baru Tahu ya?

Sistem Saraf

Efek jangka panjang pada pasien sembuh dari Covid-19 terakhir terdapat pada sistem saraf.

Mereka masih bisa merasakan sakit kepala, vertigo, gangguan penciuman serta pengecapan meski telah dinyatakan sembuh Covid-19.

5 Artis Endorse Termahal di Indonesia, Ada yang Capai Rp 1 Miliar

Kemudian, ada pula laporan yang menyebutkan ada pasien yang terkena radang otak, kejang, strok, perubahan suasana hati meski telah sembuh dari Covid-19. Sakit tersebut muncul dua sampai tiga bulan sejak gejala muncul.

Tips Menidurkan Bayi dengan Cepat, Hanya Perlu Waktu 2 Menit!

Ngos-ngosan Saat Gowes, Tanda Terkena Serangan Jantung?

Berita Kesehatan Terbaru

Share
Dipublikasikan oleh
Nugroho Meidinata