Tutup Iklan

Editor Balairung UGM Diperiksa Soal Berita Pemerkosaan, LBH Merasa Ganjil

Editor Balairung yang menyunting berita Nalar Pincang UGM atas Kasus Perkosaan yang terbit di balairungpress.com awal November 2018 lalu, Thovan Sugandi, diperiksa penyidik Polda DIY pada Kamis (17/1/2018). Pemeriksaan ini dalam rangka penyidikan kasus dugaan pemerkosaan yang mahasiswi Fisipol UGM saat mengikuti KKN di Pulau Seram, Maluku, pertengahan 2017 lalu.

Editor Balairung UGM Diperiksa Soal Berita Pemerkosaan, LBH Merasa Ganjil

SOLOPOS.COM - Mahasiswa menandatangani petisi penolakan terhadap kekerasan seksual dalam aksi damai UGM Darurat Kekerasan Seksual di Kampus Fisipol UGM, Sleman, Kamis (8/11/2018). (Antara - Andreas Fitri Atmoko)

Solopos.com, SLEMAN — Editor Balairung yang menyunting berita Nalar Pincang UGM atas Kasus Perkosaan yang terbit di balairungpress.com awal November 2018 lalu, Thovan Sugandi, diperiksa penyidik Polda DIY pada Kamis (17/1/2018). Pemeriksaan ini dalam rangka penyidikan kasus dugaan pemerkosaan yang mahasiswi Fisipol UGM saat mengikuti KKN di Pulau Seram, Maluku, pertengahan 2017 lalu.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, Polda DIY juga memanggil Pemimpin Umum Balairung, Citra Maudy, yang juga penulis Nalar Pincang UGM atas Kasus Perkosaan. Citra diperiksa polisi sebagai saksi dalam kasus pemerkosaan yang diduga dilakukan oleh HS, mahasiswa Fakultas Teknik.

Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta Yogi Zul Fadhli yang ikut mendampingi Thovan mengatakan pemanggilan Thovan juga sebagai saksi atas laporan dari Arif Nurcahyo. Desember 2018 lalu, Arif melaporkan kasus dugaan perkosaan dan pencabulan ke Polda DIY.

“Kurang lebih ada sekitar 30-an pertanyaan yang diajukan penyidik kepada Thovan,” kata Yogi pada Kamis di Mapolda DIY.

Terkait materi pertanyaan, Yogi menjelaskan pertanyaan yang dilontarkan penyidik kurang lebih sama dengan materi pertanyaan yang diajukan kepada Citra tempo hari. Pertanyaan berkisar pemberitaan Balairung itu.

“Ditanyain soal narasumber, ditanyain soal di mana ketemunya, dan macam-macam dikaitkan dengan konten isi beritanya dan proses liputan yang dilakukan Balairung,” ujar dia.

Sejak awal, lanjut dia, LBH Yogyakarta sudah menyatakan keberatan terhadap proses pemanggilan dan materi-materi pertanyaan dari penyidik. Pasalnya, pertanyaan penyidik justru banyak mengekplorasi soal pemberitaan Balairung, bukan pokok kasus pemerkosaan yang dilaporkan.

“Menurut kami ini ganjil, tidak selaras dengan peristiwa yang dilaporkan soal perkosaan dan pencabulan, tapi kenapa lantas penyidik itu justru banyak mempertanyakan hal-hal berkaitan pemberitaan dengan isinya, proses peliputan atau reportasenya,” ujar dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan pihaknya belum melakukan komunikasi dengan pihak UGM untuk mendampingi pemanggilan dari Polda DIY. “Kami sedang fokus disini, jadi belum berkomunikasi dengan pihak UGM,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Dua Juru Parkir Liar di Kota Madiun Diringkus Polisi

Dua juru parkir liar ditangkap Polres Madiun Kota dalam pemberantasan aksi premanisme dan pungli.

Duh! Petani Tembakau di Klaten Terancam Gagal Panen Gara-Gara Cuaca Tak Menentu

Sejumlah petani tembakau di Klaten dilanda kegalauan. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan tanaman tembakau tak tumbuh secara optimal.

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).

Lezatnya Suboli Pizza, Pizza Susu Khas Boyolali

Di Boyolali, terdapat kuliner khas yakni pizza susu dan dikenal dengan nama Suboli Pizza. Makanan ini biasanya dijual di Jl Pandan Arang, Boyolali.

Warga Kerja Bakti Bersihkan Makam di Mojo, Kapolresta: Budaya Wong Solo!

Jajaran Polresta Solo, TNI, dan Ormas membersihkan dan memperbaiki makam di TPU Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (23/6/2021).

Soal Perizinan Sekolah, Ini Kata Kepsek Bocah Perusak Makam di Mojo Solo

Pihak Kuttab atau lembaga pendidikan dasar tempat 10 anak yang merusak makam di Mojo, Solo, mengatakan sudah mengajukan perizinan sekolah kepada Kemenang.

Pasien Covid-19 Membeludak, RSUD Tugurejo Semarang Akhirnya Dirikan Tenda Darurat

RSUD Tugurejo mulai kehabisan ruang isolasi pasien Covid-19 sejalan membeludaknya pasien. Mereka kini mendirikan tenda darurat untuk menampung pasien.

10 Bocah Merusak Makam di Mojo Solo, Ini Penjelasan Sekolah

Pihak sekolah tempat 10 bocah pelaku perusakan makam di Solo membantah mengajarkan intoleransi.

Pegawainya Terpapar Covid-19, Kantor Imigrasi Madiun Dilockdown

Kantor Imigrasi Madiun ditutup sementara karena seorang pegawainya positif Covid-19. Kantor akan buka kembali pada Senin (28/6/2021).

Solusi Atasi Sampah, PLN Beli Listrik dari PLTSa Terbesar Se-Jateng di Solo

PT PLN membeli energi hijau yang dihasilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Solo yang terakumulasi di TPA Putri Cempo,

Tips Pilih Perabotan Agar Apartemen Minimalis Bisa Terlihat Luas

Memilih furnitur yang tepat untuk apartemen minimalis menjadi salah satu opsi agar tempat tinggal terasa luas.

Alhamdulillah, Hasil PCR 2 Kali Negatif, Wali Kota Salatiga Sembuh dari Covid-19

Wali Kota Salatiga dinyatakan sembuh dari Covid-19, namun istri dan anaknya masih positif.