SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Eco Green Park: Sampah-Sampah Pun Tampil Menawan dan Bisa Bermanfaat

Apa yang biasanya Anda lakukan terhadap sampah Anda? Apakah Anda membuangnya begitu saja? Ataukah Anda telah memilah-milah sampah dan mengolah setiap jenis sampah sesuai daya gunanya? Cobalah untuk mengunjungi Eco Green Park Malang, dan dapatkan inspirasi untuk mengolah aneka sampah yang Anda hasilkan.

Pemilahan Sampah

Awali piknik Anda dengan mengetahui berbagai jenis sampah dan cara pemilahan yang tepat. Pasalnya, tidak semua jenis sampah dapat disatukan dan dibuang di tempat pembuangan sampah. Menyatukan seluruh jenis sampah hanya akan membuat tempat pembuangan akhir (TPA) menjadi cepat penuh dan mengeluarkan aroma yang busuk. Pemilahan sampah terbukti dapat mengurangi gunungan sampah di TPA dan menghindari munculnya aroma sampah yang tidak sedap.

Idealnya, sampah harus dipisahkan ke dalam empat jenis, yaitu sampah organik, sampah daur ulang, sampah kebun, dan sampah residu. Selayaknya, terdapat juga satu jenis tempat sampah lagi, yang digunakan untuk menampung sampah-sampah kimia beracun (B3).

Selanjutnya, sampah organik dan sampah kebun dapat diolah menjadi kompos. Adapun, sampah daur ulang dapat diolah menjadi produk lain yang bermanfaat. Sementara itu, sampah residu dapat langsung dibawa ke TPA.

Pembuatan Sampah Metode Takakura

Untuk mengolah sampah dapur menjadi kompos, Anda dapat menggunakan metode Takakuran. Metode ini dianggap praktis, dapat dilakukan di dalam dapur, higienis, dan tidak berbau. Eco Green Park menunjukkan cara pengolahan sampah dapur menggunakan metode Takakura.

Pertama kali, Anda harus membuat starter kompos terlebih dahulu. Starter dapat dilakukan dengan mencampur bahan-bahan beragi dengan larutan gula, atau mencampur sayur/buah busuk dengan larutan garam. Selanjutnya, buatlah bibit kompos yang terdiri atas campuran dedak, sekam, starter, dan air. Ketika campuran ini telah jadi, Anda pun siap membuat kompos di keranjang plastik atau rotan yang berlapis kardus.

Instalasi Pengolahan Air Limbah

Bukan hanya sampah dapur, limbah air rumah tangga pun dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih berguna. Di Eco Green Park, Anda akan melihat instalasi air yang berfungsi untuk mengalirkan limbah air rumah tangga ke tanaman-tanaman hias. Wah, bermanfaat sekali ya! Air tidak terbuang percuma, kebutuhan tanaman akan air pun senantiasa terjaga. Anda pun tidak perlu terlalu sering menyiram tanaman. Asyik, kan?

Selain itu, air yang dibuat mengalir juga dimanfaatkan untuk membangkitkan tenaga listrik. Lihat saja, bagaimana Eco Green Park memamerkan teknologi sederhana yang akan mengubah tenaga air menjadi tenaga listrik.

Pemanfaatan Sampah Otomotif

Nah, siapa sangka bahwa barang-barang bekas otomotif dapat diolah menjadi benda-benda yang bernilai seni? Saksikanlah bagaimana seniman-seniman Eco Green Park merangkai barang-barang bekas otomotif menjadi beraneka macam hewan yang menakjubkan. Anda juga dapat melihat patung binatang yang terbuat dari limbah kayu.

Lebih dari itu, ketika Anda berjalan-jalan ke wilayah candi di Eco Green Park, Anda akan melihat dua buah robot menjaga pintu salah satu candi. Merekalah robot Transformer yang terbuat dari berbagai onderdil mobil yang sudah tidak terpakai. Wow, keren!

Seru kan? Sayangnya, berpiknik ke Eco Green Park dan tempat-tempat wisata di sekitarnya tidaklah cukup dilakukan selama satu hari saja. Oleh karena itu, mengapa Anda tidak menginap di hotel murah di Malang, dan melanjutkan tamasya di hari berikutnya?

Pilihlah hotel yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memilihnya melalui situs web Airy Rooms maupun aplikasinya yang bisa diunduh menggunakan gawai iOS Anda. Sebagai jaringan hotel terbesar di Indonesia, Airy Rooms akan memberikan pilihan kamar yang beragam dengan harga yang murah.

airy rooms 2

Jangan khawatir, karena setiap hotel yang ditawarkan melalui Airy Rooms telah melalui pemeriksaan standar fasilitas minimal yang layak untuk disinggahi. Jadi, sudahkah Anda merencanakan untuk berlibur ke Malang?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya