SOLOPOS.COM - Subhan Aksa (kanan) bersama navigatornya, Hade Mboi. (thejakartaglobe.com)

Subhan Aksa (kanan) bersama navigatornya, Hade Mboi. (thejakartaglobe.com)

JAKARTA — Peringkat lima besar Production World Rally Championship 2012 Subhan Aksa mengincar gelar juara Indonesia pada seri terakhir Kejuaraan Nasional East Borneo Rally Championship di Balikpapan, Kalimantan Timur yang dimulai Jumat (16/11/2012) hingga 18 November.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim media Subhan kepada Bisnis.com mengungkapkan, untuk menunjang target tersebut, Bosowa Rally Team mendatangkan Dave McShane, Direktur Racetorque Engineering Australia ke Balikpapan untuk melakukan seting terhadap Evo X yang dipakai Subhan. Dave adalah mekanik yang selama ini mempersiapkan Evo X yang diandalkan Subhan pada lomba Production World Rally Championship (PWRC). Meski sama-sama Evo X dan teknologinya tinggi, spesifikasi mobil yang dipakai di Balikpapan berbeda dengan yang di PWRC.

“Dibandingkan karakter lintasan tiga putaran sebelumnya di Sumatra Utara, lintasan kali ini lebih mudah karena jalannya padat dan lebar. Lintasannya sangat menantang, dan banyak special stage (SS) berkarakter high speed,”papar Subhan. Meski demikian, Subhan merasa sangat cocok dengan mobil andalannya. Jika hujan turun pada saat lomba, maka ceritanya akan menjadi berbeda. Sebab, orang berjalan kaki saja susah menempuh lintasan tersebut.

Perebutan gelar musim ini hanya tersisa kepada dua peserta, yakni Subhan dan Rizal Sungkar. Salah satu dari mereka akan dinobatkan sebagai Juara Indonesia 2012. Subhan saat ini mengoleksi 40 poin dari dua kemenangan pada seri pertama dan ketiga. Adapun Rizal unggul dengan 52 poin berkat satu kemenangan dan dua runner up. Peringkat ketiga sementara yang ditempati Roby Harahap tidak bisa lagi bersaing karena baru mengumpulkan 29 poin kemenangan.

Meski masih mengalami kondisi jet lag sepulang dari kejuaraan dunia RACC Rally de Espana Spanyol, Subhan Aksa sudah harus bertarung. Dia meraih predikat lima besar FIA PWRC 2012 yang berakhir pada Minggu (11/11/2012). Bagi Subhan dan Rizal, hasil di Balikpapan sangat vital, karena sesuai ketentuan Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), hanya tiga hasil terbaik yang dihitung dari empat putaran. Peluang keduanya sama besar menjadi juara nasional tahun ini.

Tidak ada cara lain kecuali bertarung menjadi terbaik di seri akhir ini,” tegas Subhan yang didampingi navigator setianya, Hade Mboi, yang juga memimpin perolehan poin sementara di klasemen navigator nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya