SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Sunaryo Haryo Bayu /JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Puncak acara Earth Hours 2012 yang jatuh pada Sabtu (31/3/2012) akan dipusatkan di koridor Pasar Ngarsopuro, Solo.

Acara inti dari kegiatan ini yakni mematikan lampu penerangan jalan, gedung, serta reklame di sepanjang Jl Slamet Riyadi serta Koridor Ngarsopuro.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator Eart Hours Solo, Budi Prajitno, menjelaskan proses mematikan lampu akan dilakukan secara bersama-sama antara pukul 20.30-21.30 WIB. “Kami upayakan agar orang tahu dan ikut serta untuk menghemat energi. Kami juga mengupayakan agar hotel-hotel dan pusat keramaian ikut serta,” jelasnya saat menggelar jumpa pers di Omah Sinten Hotel&Resto, Kamis (29/3/2012).

Selain kampanye mematikan lampu selama satu jam, dalam kegiatan tersebut juga akan menampilkan beberapa hiburan yang bersifat tradisional. Selama satu jam, di sepanjang Koridor Ngarsopuro akan dinyalakan oncor.

Ditambahkan Budi, pada penyelenggaraan yang sama yang digelar di Jakarta tahun lalu, mampu menghemat penggunaan tenaga listrik sebesar 170 Megawatt. Meski demikian, pada pelaksanaan acara di Solo, panitia tidak menargetkan jumlah tenaga listrik yang mampu dihemat. Namun, lebih pada kampanye untuk melakukan penghematan tenaga listrik.

Earth Hours merupakan kampanye sebagai usaha mengurangi laju pemanasan global dan energi serta dampak perubahan iklim. Kegiatan tersebut sudah diselenggarakan untuk keempat kalinya. Sementara, kegiatan di Solo baru dilaksanakan untuk kali pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya