Kategori: Sukoharjo

EA Target Menang Ungguli Joswi 75%, Dapatnya Segini


Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani

Solopos.com, SUKOHARJO – Calon Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, memasang target menang 75% suara untuk pasangan EA di Pilkada 2020. Pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Etik Suryani- Agus Santosa alias EA menang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 Gayam, tempat Etik Suryani nyoblos.

Dalam pilkada ini, Etik menargetkan EA menang 75 persen. Etik juga mengajak para pendukungnya untuk tidak menggelar euforia berlebihan mengingat masih dalam kondisi pandemi covid-19. Etik pun mengapresiasi penyelenggaraan pilkada dengan menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan hasil penghitungan suara, pasangan EA meraih 226 suara mengungguli pasangan cabup-cawabul Joko Santosa "Paloma" dan Wiwaha Aji Santosa (Joswi) yang meraih 137 suara.

Ketua KPPS TPS 3 Gayam, Sigit Raharjo mengatakan proses penghitungan suara dimulai sekitar pukul 13.05 WIB atau tepatnya setelah berakhirnya waktu pencoblosan. Dari 447 pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 3 Gayam, jumlah pemilih yang menggunakan suaranya ada 375 orang.

"72 pemilih sampai batas waktu pencoblosan pukul 13.00 WIB tidak datang. Ada yang sakit, merantau dan lainnya," kata dia kepada Solopos.com, Rabu (9/12/2020).

Sementara dari 375 suara yang masuk, sebanyak 226 surat suara tercoblos pada pasangan EA dan 137 surat suara pasangan Joswi. Sedangkan sebanyak 12 surat suara dinyatakan tidak sah, salah satunya tercoblos dua tempat. Dengan perolehan tersebut pasangan EA menang dan unggul dari pasangan Joswi. Saat ini petugas KPPS tinggal membuat berita acara pemungutan suara.

Pasangan cabup-cawabup Etik Suryani dan Agus Santosa (EA) menang versi real count tim pemenangan EA dalam Pilkada Sukoharjo 2020.

Merujuk real count, pasangan nomor urut satu unggul tipis dengan perolehan 53,35 suara persen. Sementara pasangan cabup-cawabup Joko Santosa "Paloma" dan Wiwaha Aji Santosa (Joswi) sebesar 46,65 persen. Sedangkan suara tidak sah 25.186.

Pasangan EA keok di tiga kecamatan, meliputi Kartasura, Nguter dan Bendosari. Proses perhitungan suara PDIP tersebut digelar di dua lokasi, yakni kediaman pribadi Etik Suryani di Solo Baru dan Agus Santosa di Toriyo, Bendosari.

 

Share