Kategori: Sukoharjo

EA Menang Pilkada Sukoharjo 2020 Versi Quick Count, Etik-Wardoyo Sujud Syukur


Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani

Solopos.com, SUKOHARJO – Calon bupati (Cabup) Nomor satu Etik Suryani sujud syukur sebagai ungkapan gembira lantaran menang Pilkada Sukoharjo 2020 hasil hitung cepat versi DPC PDIP, Rabu (9/12/2020) sore.

Etik sujud sukur setelah data hitung cepat terinput 100 persen memenangkan pertarungan Pilkada Sukoharjo 2020. Merujuk data real count DPC PDIP, Etik Suryani yang berpasangan dengan Agus Santosa meraih 266.589 suara atau 53,35 persen.

Sedangkan rivalnya pasangan Cabup-cawabup Joko Santosa Paloma dan Wiwaha Aji Santosa (Joswi) meraih 233.106 suara atau 46,65 persen. Sementara suara tidak sah ada sebanyak 25.186 suara. Total Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sukoharjo sebanyak  1.775.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, euforia kemenangan menggema di kediaman pribadi Etik Suryani di Solo Baru setelah hitung cepat versi PDIP memenangkan pasangan EA, Etik yang semula duduk di depan layar televisi menyaksikan perhitungan suara langsung masuk ke dalam rumah.

Di ruang keluarga Etik sujud sukur dengan berurai air mata. Sementara suaminya yang juga Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dikerumuni para pendukung. Mereka mengucapkan selamat atas kemenangan sang istri.

Wardoyo lantas menyusul Etik ke dalam rumah dan melakukan sujud syukur. Kemudian berdoa bersama sebagai ucapan syukur atas kemenangan tersebut.

Etik mengungkapkan rasa terima kasih kepada masyarakat Sukoharjo atas perolehan suara 53,35 dari hasil real count PDIP.

"Alhamdulillah saya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih ke masyarakat Sukoharjo. Ini artinya perjuangan kita selama ini tidak sia-sia," kata dia.

Etik mengaku tak bisa berkata-kata dengan perolehan kemenangan tersebut. Etik juga meminta para pendukung EA untuk tidak melakukan euforia berlebihan lantaran belum ditetapkan menang. Apalagi saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

Ketua DPC PDIP Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan akan mengawal hasil perolehan suara sampai ke KPU. Dia mengatakan hasil real count yang dilakukan DPC PDIP merupakan data riil perhitungan suara di masing-masing TPS.

Data tersebut diinput oleh saksi yang ada di masing-masing TPS melalui aplikasi EA Akurat. Aplikasi ini khusus dibuat untuk menghitung suara.

"Jadi data perolehan suara ini riil. Tidak ada manipulasi karena data yang diinput dari perolehan suara di masing-masing TPS," katanya.

Terkait perolehan suara pasangan EA tidak menang telak, Wardoyo mengaku sudah puas. Selisih lebih dari 30.000 suara dari pasangan Joswi dinilai cukup jauh.

Hingga kini masa pendukung terus berdatangan ke kediaman Etik Suryani. Mereka mengucapkan selamat kepada Etik atas kemenangannya.

 

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita