Tutup Iklan

E-Warung Meluncur di Semarang, Puan Maharani Yang Meresmikan

E-Warung Meluncur di Semarang, Puan Maharani Yang Meresmikan

SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, akan mengembangkan program e-warung di Kota Semarang, Jumat (28/10/2016). (Instagram.com-@hendrarprihadi)

E-warung sudah meluncur di Semarang, Menko PMK Puan Maharani yang meresmikan.

Semarang.com, SEMARANG – Menteri Koordinator Bidang Pembengunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Jumat (28/10/2016), bertandang ke Semarang untuk meresmikan program e-warung. Warung elektronik itu dinamainya Gotong Royong.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menunjukkan dukungan atas peresmian program tersebut di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. Ia mengunggah foto dirinya bersama Puan dan secara tegas menuliskan kalimat dukungan terhadap program e-warung yang diterapkan di Kota Semarang itu.

Sebagaimana dilansir Semarangkota.go.id, hingga saat ini e-warung sudah diluncurkan di 15 kecamatan di Kota Semarang, salah satunya di Kecamatan Mijen. Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Andi Z.A mengungkapkan program ini juga berperan untuk membantu masyarakat lebih mengenal akses perbankan.

"Prinsip e-warung adalah pemberdayaan. Tapi juga memperbaiki peradaban dengan tahu akan akses bank. Selama ini, [warga] menerima bantuan di kantor pos atau kantor kelurahan, sekarang mereka diminta untuk mengelola bantuan sendiri. Ini akan membuka akses mereka agar bisa ditunjuk sebagai agen bank karena semua penerima bantuan akan memiliki kartu ATM,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono, menjelaskan sistem e-warung yang mengharuskan pembeli menggunakan kartu e-voucher yang berisi dana bantuan sosial (bansos) tersebut dapat menekan angka penyalahgunaan dana bantuan. Ia juga berharap dengan peluncuran e-warung ini dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses dan mengelola bantuan dari pemerintah.

Menteri Koordinator Bidang Pembengunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, menjelaskan e-warung adalah warung gotong royong yang bertujuan mensejahterakan rakyat. “Warung tersebut adalah warung gotong royong agar bisa mensejahteratakan rakyat di tengah-tengah rakyat pasti akan merasa lebih bisa saling merasakan Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), saya berharap agar bekerja keras mendampingi ibu ibu PKK untuk bisa divalidasi apakah sesuai kriteria atau tidak," ungkapnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Tempe Bacem Kaleng Magelang Melintasi Melintasi Pasar Dunia

Usaha menengah kecil dan mikro di Kabupaten Magelang terus berinovasi, salah satunya pengrajin tempe dalam kaleng yang justru diminati pasar luar negeri.

Covid-19 Varian India di Kudus, Ini Langkah Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta sejumlah pemerintah kabupaten di Jateng mencanangkan gerakan di rumah saja.

2 SMKN Jogja Ini yang Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik

Jogja punya sekolah menengah kejuruan negeri terbaik yang bisa lolos dalam Top 1.000 sekolah terbaik nasional berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo 

Kecelakaan lalu lintas antara Bus BST dan sebuah sepeda motor terjadi di Jl. Slamet Riyadi atau sisi timur Flyover Purwosari pada Minggu (13/6/2021)

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.

Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Sterilisasi kawasan Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, terus dilakukan untuk menekan potensi persebaran Covid-19.

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso yang aslinya berasal dari Kota Ungaran.

Covid-19 India di Kudus, Gubernur Ganjar Minta Petugas Lebih Waspada

Petugas yang menangani pasien Covid-19 di  Kudus meningkatkan kewaspadaan menyusul terdeteksinya persebaran Covid-19 varian India di sana.

2 Bulan Pelonggaran Kegiatan, Kasus Covid-19 di Wonogiri Tambah 1.200 Lebih

Selama dua bulan pelonggaran kegiatan warga di Kabupaten Wonogiri berlangsung, jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah lebih dari 1.200 orang.

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Cara Menanamkan Pendidikan Karakter Anak

Pendidikan karakter yang dipahami secara parsial dan tidak tepat sasaran justru bersifat kontraproduktif bagi pembentukan karakter anak.

Pemerintah Dukung UMKM Banyumas dengan Dana Hibah

Pemerintah Kabupaten Banyumas menyalurkan dana pinjaman bergulir yang sudah merupakan program bantuan rutin kepada  pelaku UMKM.