E-Tilang Siap Disidangkan di PN Semarang
Ilustrasi sidang pengadilan. (kejari-jaktim.go.id)

E-tilang sudah siap disidangkan di PN Semarang.

Solopos.com, SEMARANG – Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Jawa Tengah (Jateng) menyatakan kesiapan melaksanakan sidang e-tilang bagi pelanggar ketentuan lalu lintas. "Akan mulai diberlakukan pertengahan Januari ini," kata juru bicara P.N. Semarang M. Zainal di Semarang, Minggu (1/1/2017).

Ia menjelaskan e-tilang sudah diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung (Perma) No. 12/ 2016. Ia menuturkan nantinya pelanggar lalu lintas tidak perlu datang ke pengadilan. "Prosesnya akan dilakukan secara daring," katanya.

Ia menjelaskan pada mekanisme e-tilang itu, pelanggar peraturan lalu lintas akan memperoleh surat tilang dan membayar uang titipan ke bank yang ditunjuk. Berkas tilang dan bukti pembayaran kemudian dibawa ke pengadilan untuk disidangkan.

"Putusan sidang akan diumumkan di laman pengadilan atau kejaksaan. Pelanggar bisa mengambil barang bukti tilang di kejaksaan," katanya.

Ia mengungkapkan jika uang titipan lebih besar dari putusan pengadilan maka sisanya bisa diambil melalui bank. Salah satu permasalahan yang dihadapi pada e-tilang, kata dia, berkaitan dengan besaran yang titipan yang harus dibayarkan.

"Misalnya, tidak bisa menunjukkan SIM sesuai undang-undang harus menitipkan uang Rp1 juta. Kalau diberlakukan nantinya ada masalah di masyarakat," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho