SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Pengiriman dan pendistribusian kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dari pemerintah pusat ke Kota Solo masih kurang sekitar 102.000 keping. Di antara jumlah yang sudah dikirim, ada 90-an keping yang tak bisa dibagikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Solo, Untara mengungkapkan keping-keping e-KTP itu tidak bisa didistribusikan di antaranya karena datanya tidak sesuai, tidak bisa terbaca dan ada pula yang karena pemiliknya telah meninggal dunia.

“Sampai pekan ini, tercatat sudah 248.000 keping yang dikirim dan didistribusikan di lima kecamatan. Jadi kekurangannya yang belum dikirim ya sekitar 102.000 keping. Biasanya setiap pekan ada pengiriman, tapi langsung ke kecamatan,” jelas Untara, saat diwawancarai Solopos.com melalui telepon, Kamis (21/6/2012).

Untara, yang saat dihubungi mengaku tengah berada di Jakarta, mengungkapkan 90-an keping e-KTP yang tak bisa didistribusikan itu akan dikembalikan ke pemerintah pusat agar dibuatkan penggantinya, kecuali milik warga yang sudah meninggal.

Menurut Untara, pengiriman e-KTP itu dari pemerintah pusat dijanjikan selesai akhir Juli 2012. Sementara itu, proses perekaman data untuk pemohon e-KTP baru juga masih terus berjalan. Pelayanan pembuatan e-KTP baru itu dibuka di kantor Dispendukcapil Kompleks Balaikota Solo dan masih gratis sampai akhir 2012 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya