SOLOPOS.COM - Warga sedang melakukan perekaman data KTP elektronik di Kecamatan Umbulharjo Jogja, Jumat (2/9/2016). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Gunungkidul terus melakukan inovasi untuk melakukan perekaman KTP Elektronik

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Gunungkidul terus melakukan inovasi untuk melakukan perekaman KTP Elektronik atau yang biasa disebut E-KTP. Setelah melakukan sistem jemput bola ke desa-desa, kali ini perekaman dilakukan ke sekolah-sekolah.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Kepala Disdukcapil Gunungkidul Eko Subiyantoro mengatakan, perekeman E-KTP ke sekolah-sekolah merupakan program baru yang dimulai di tahun ini. Rencananya, perekaman itu dilakukan di 25 sekolah dan saat sekarang sudah menyasar di sepuluh sekoalh.

“Masih ada 15 sekolah yang belum disisir. Mudah-mudahan sebelum akhir tahun kekurangan tersebut sudah bisa dilakukan perekaman,” katanya kepada wartawan, Minggu (20/8/2017).

Menurut dia, perekaman yang dilakukan ke sekolah merupakan salah satu inovasi untuk memaksimalkan perekaman KTP elektronik di Gunungkidul. Eko tidak menampik hingga saat ini belum seluruh masyarakat yang wajib memiliki KTP melakukan perekaman.

“Kami akan terus melakukan penyisiran. Setelah ke desa-desa, kami mulai melakukan penyisiran ke sekolah,” katanya.

Eko mengungkapkan, perekaman yang dilakukan sekolah tidak hanya untuk menyisir pelajar yang sudah wajib memiliki kartu identitas. Namun, upaya tersebut juga untuk melakukan pendataan terhadap pelajar yang belum memiliki akta kelahiran. Diharapkan dengan program ini, maka saat keluar nanti pelajar sudah memiliki KTP, akta kelahiran dan ijazah.

“Untuk kesuksesan program ini, kami sudah berkoordinasi dengan Balai Pendidikan Menegah Gunungkidul. Jadi dengan program ini, maka ada beberapa target yang tercapai dalam masalah ketertiban administrasi kependudukan,” tutur Eko.

Kepala Balai Pendidikan Menengah Gunungkidul Sukito mengaku siap menyukseskan program perekaman E-KTP ke sekolah-sekolah. Diharapkan dengan program ini, maka pelajar yang wajib memiliki KTP dapat memeroleh kartu identitas ini dengan mudah.

“Akan kami dukung sehingga perekaman E-KTP dapat dilaksankan dengan lancar,” katanya.

Untuk menyukseskan program ini, sekolah-sekolah sudah diminta melakukan pedataan terhadap siswa yang wajib memiliki KTP. Harapannya dengan pendataan tersebut dapat mempercepat dalam proses perekama yang dilaksankaa oleh Disdukcapil Gunungkidul.

“Semua harus dibantu karena ini merupakan program dari Pemerintah Pusat untuk menyukseskan program KTP elektronik,” ujar mantan Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdikpora Gunungkidul ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya