SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

E-KTP Bantul dikabarkan akan dibagikan pada pertengahan bulan ini

Harianjogja.com, BANTUL–Pertengahan bulan ini, sekitar 10.000 blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) bakal dibagikan kepada wajib KTP Bantul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Disampaikan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bantul Toyip Hamidi, berdasar hasil rapat koordinasi yang diikuti stafnya di Jakarta beberapa waktu lalu, pemerintah pusat memang menjanjikan pendistribusian blangko E-KTP memang akan dilakukan pertengahan bulan ini.

Berdasarkan data yang dimilikinya, hingga Maret 2017, dari jumlah 705.198 orang wajib KTP di Bantul, ada 645.165 orang yang telah melakukan perekaman data. Namun, nyatanya, tak semua wajib KTP yang melakukan perekaman data itu nantinya akan mendapatkan jatah blangko.

Pasalnya, tambah Toyip, tak semua data yang terekam saat perekaman data di tingkat Kabupaten itu, terekam di server Pemerintah Pusat. Hanya data yang telah terekam di Pemerintah Pusat saja lah yang nantinya siap cetak saat blangko telah didistribusikan ke daerah.

“Tercatat, ada 45.098 wajib KTP yang sudah siap cetak,” kata Toyip saat ditemui di Kantor Disdukcapil, Senin (3/4/2017).

Rencananya, pendistribusian blangko itu nantinya akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama nantinya, pemerintah baru akan mendistribusikan blangko sebanyak 10.000 lembar saja di tiap daerahnya. “Pemerintah pusat hanya mencetak sekitar 7 juta lembar saja,” katanya.

Sejak tahun 2015, pencetakan e-KTP diakuinya memang sudah diserahkan sepenuhnya ke pemkab setelah sebelumnya pencetakan dilakukan oleh pemerintah pusat.

Hanya saja, karena kekosongan blangko yang sudah cukup lama, warga yang telah melakukan perekaman diakui baru sebatas diberikan surat keterangan (Suket). Adanya rencana pengiriman blangko mulai pertengahan April itu, pelaksanaan pencetakan tetap akan diprioritaskan bagi warga yang telah awal melakukan perekaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya