SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo [SPFM], Sinuhun Paku Buwono ke-13 dan Mahapatih KGPH Panembahan Agung Tedjowulan, yang lazim disebut Dwitunggal, akan mengikuti kirab keliling Kota Solo besok.  Kirab perdana penguasa Keraton Surakarta ini, akan diiringi sentana dalem, abdi dalem, Muspida Kota Solo, dan seniman penggembira. Saat jumpa pers yang digelar di ruang VIP Stadion Sriowedari Solo, Sabtu (16/6), Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo Widdi Srihanto mengatakan, kirab ini mencerminkan kegembiraan warga Solo, atas suksesnya  pelaksanaan rekonsiliasi.

Kirab ini untuk menyapa warga Solo, sekaligus mengucapkan rasa syukur atas kembali rukunnya keluarga keraton. Kirab yang akan dipenuhi dengan unsur tradisi Jawa, dengan pakaian adat keraton. Dwitunggal akan beriringan menyusuri sepanjang Jalan Sudirman, Pasar Gede, Jalan Kapten Mulyadi, Jalan Veteren sampai Gemblekan, Jalan Yos Sudarso, Jalan Slamet Riyadi sampai keraton, sebagai rute kirab.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jurubicara Dwi Tunggal Bambang Pradotonagaro Ary Wibowo mengungkapkan, rombongan raja akan dikawal drum band dan prajurit keraton, selanjutnya diikuti rombongan dari keraton, unsur Muspida dan penggembira. Jumlah peserta kirab, termasuk dari keraton sebanyak 1.000 orang. Kirab akan dimulai pukul 14.00. Bambang Ari menambahkan, kirab agung ini merupakan peringatan sewindu Sinuhun PB XIII Hangabehi bertahta. Hari tersebut juga akhir dari perpecahan keraton yang berlangsung  delapan tahun. [SPFM/lia]

Ekspedisi Mudik 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya