Tim Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali 2019. (boyolali.go.id)

Solopos.com, BOYOLALI – Kontingen Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Boyolali berhasil menyabet juara pertama kategori folk dance dalam Sea Sun Festival yang digelar di Lloret de Mar, Spanyol. Gelar juara yang diumumkan Kamis (26/9/2019) malam itu berhasil diraih dengan menampilkan tari kreasi Gaul-Gaul.

Tarian kontingan Boyolali berhasil mengungguli tarian yang dibawakan perwakilan sembilan negara lain, di antaranya Italia, Spanyol, Iran Rusia, dan Meksiko.

Sama seperti tari Topeng Ireng yang menjadi ikon Boyolali, tari Gaul-Gaul memiliki ciri khas pada tampilan kostum dan hiasan kepala. Tarian ini juga memiliki gerakan yang energik.

Bedanya, tari Topeng Ireng digunakan untuk pesta rakyat. Sementara tari Gaul-Gaul berfungsi untuk mempererat pergaulan. Dalam rangkaian acara penutupan yang diselenggarakan di alun-alun kota, para peserta diberi kesempatan menampilkan tarian di hadapan para turis.

Salah satu anggota tim Duta Seni Boyolali, Nur Kholis, mengatakan untuk mempersiapkan keberangkatan ke Spanyol, tim dari duta berlatih selama tujuh bulan. “Kami tidak percaya kalau bisa menang, mengingat tarian dari negara lain juga bagus,” kata dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten