SOLOPOS.COM - Naskah Kuno di Museum Tertua di Indonesia tengah Didigitalisasi

Duta Museum DIY akan diankat untuk menarik minat wisatawan untuk kunjungi museum

Harianjogja.com, JOGJA- Meningkatnya perjalanan wisata dan semakin tingginya minat wisatawan untuk mempelajari kesejarahan, akhir-akhir ini museum mulai menjadi daya tarik wisatawan. Destinasi wisata museum pun ke depan diprediksi semakin cerah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator Teknis  Pemilihan Duta Museum DIY Hairullah Gozali mengatakan, museum bagi suatu bangsa merupakan bagian dari peradaban, semakin banyak jumlah museum yang ada semakin tinggi peradaban sebuah bangsa.

“Di DIY sendiri berbagai sisi dari peradaban tergambar dengan jelas dari museum-museum yang di milikinya, perjalanan  bangsa Indonesia pun terwakili di DIY melalui jaman Prasejarah, Mataram Hindu, Mataram Islam dan zaman perjuangan,” tegas Hairullah di Sekretariat pendaftaran dan rekruitmen Duta Museum DIY 2015 (27/6/2015).

Oleh karena itu, butuh seorang public relations atau duta yang dapat menjelaskan dan merepresentasikan kekayaan museum di DIY. Sosok ini harus mampu berkomunikasi dan membangun jaringan yang luas serta memiliki wawasan, pengetahuan tentang Museum di DIY dan cinta museum.

“Duta Museum ini tidak semata-mata cantik atau tampan saja, kami butuh figur yang cocok untuk dapat menjadi duta bagi semua museum di DIY,” jelas Hairullah yang juga Ketua Harian Keluarga Public Relations Jogja.

Untuk itu, sambung Iroel sapaan akrab Hairullah, Dinas Kebudayaan DIY tahun ini menggelar pemilihan Duta Museum DIY 2015.  Kegiatan pemilihan ini akan diselenggarakan pada rentang waktu proses pemilihan dari 24 Juni-22 Agustus 2015 yang terbagi menjadi beberapa tahapan seleksi.

Adapun beberapa tahapan tersebut diawali dengan tahapan Audisi dan penjurian awal, seleksi, dan diakhiri dengan Penobatan Duta Museum. Diharapkan dengan adanya pemilihan Duta Museum 2015 ini akan semakin meningkatkan citra positif museum yang ada di DIY.

Kegiatan ini memperebutkan total hadiah Rp89,8 juta, tropi dan Piagam Penghargaan Gubenur DIY. Pendaftaran tidak dipungut biaya apapun dan dibagi menjadi beberapa gelombang dan akan dilaksanakan walk in audisi dengan batas pendaftaran di gelombang akhir 25 Juli 2015.

“Kami menyiapkan hotline pendaftaran di 081227676619 (Ria), 08122698965 (Ari) pendaftaran online yang dapat dilakukan melalui website resmi Pemilihan Duta Museum 2015 diwww.dutamuseumdiy.com, Semua informasi sudah lengkap disana,” ucap iroel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya