SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah mencatat rata-rata lama menginap wisatawan mancanegara selama Januari 2019 di berbagai hotel berbintang di provinsi ini mengalami penurunan dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Kepala BPS Jawa Tengah Sentot Bangun Widoyono mengatakan penurunan terutama terjadi pada hotel berbintang 1, 3, dan 4. “Rata-rata lama menginap wisatawan mancanegara di hotel berbintang selama Januari 2019 mencapai 1,64 malam, menurun dibanding Desember 2018 yang mencapai 1,94 malam,” katanya di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/3/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Meskipun rata-rata lama menginap tamu asal mancanegara menurun, kata dia, untuk tamu domestik justru mengalami kenaikan tipis dibandingkan dengan Desember 2018, dari 1,24 malam menjadi 1,25 malam. Selain rata-rata menginap, lanjut dia, penurunan juga terjadi pada tingkat penghunian hotel berbintang di Jawa Tengah.

Tingkat penghunian hotel berbintang di Jawa Tengah selama Januari 2019 mencapai 42,49%. Angka tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan tingkat penghunian hotel selama Desember 2018 yang mencapai 52,50%.

Menurut Sentot, terdapat beberapa hal yang memengaruhi kondisi tersebut, seperti masih belum banyaknya kegiatan pemerintah pada awal 2019. Selain itu, kata dia, terdapat kemungkinan banyak calon tamu hotel yang hanya melakukan pejalanan pulang pergi dalam sehari sehingga tidak perlu menginap.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya