SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Roma – Pemerintah negara-negara Barat mengutuk pembunuhan warga sipil dalam operasi militer Israel terhadap kapal kemanusiaan internasional yang bertujuan ke Gaza.

Sekjen PBB Ban Ki-moon juga mengecam penyerangan Israel itu. Menurut Ban, penting untuk dilakukan investigasi penuh atas insiden maut itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kecaman juga disampaikan pemerintah Italia yang telah meminta Uni Eropa untuk menemukan fakta-fakta seputar penyerangan itu.

“Saya mengutuk sekeras-kerasnya pembunuhan warga sipil tersebut,” tegas Menteri Luar Negeri Italia Franco Frattini seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (31/5/2010).

Dikatakan Frattini, dirinya telah meminta duta besar (dubes) Israel untuk memberikan penjelasan.

Pemerintah Prancis dan Jerman juga mengecam dan menyatakan “kaget” atas peristiwa yang terjadi di perairan internasional, sekitar 65 kilometer lepas pantai Gaza itu.

Buntut penyerangan Israel ini, para dubes Uni Eropa akan menggelar pertemuan untuk membahas kejadian itu. Hingga kini, setidaknya 19 orang dilaporkan tewas dalam penyerangan Israel tersebut.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya