SOLOPOS.COM - Alexa Chung (glamourmagazine.co.uk)

Alexa Chung (glamourmagazine.co.uk)

Alexa Chung (glamourmagazine.co.uk)

Si item fashion dungaree is back. Terhitung sejak Agustus lalu hingga menginjak November ini, hampir semua majalah fashion membahas model pakaian yang terkesan playful tersebut. Dan dari semua ulasan yang ditampilkan, sejumlah foto besar selebritis sebut saja Heidi Klum, Alexa Chung hingga Selena Gomez tampak cantik dengan street style yang segar dan trendi.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Antusiasme para fashionista terhadap pakaian ini seperti dikutip okezone.com, belum lama, membuat desainer asal Inggris Stella McCartney membuat rancangan dungaree dalam dua versi yakni celana panjang dan celana pendek. Hebatnya, Dailymail melaporkan kedua dungaree itu telah terjual habis dalam waktu singkat. Kegilaan para wanita terhadap dungaree juga dilaporkan retailer fashion online asos.com. Situs  ini melaporkan dungaree sangat efektif untuk dijadikan fashion statement tentang keceriaan dan kebahagiaan. Pemilihan bahan selanjutnya juga menjadi pertimbangan untuk menghasilkan tampilan santai ataukah mewah.

Faktanya tidak semua orang menyukai dungaree. Kolumnis mode, Amanda Platell, mengatakan dungaree adalah item fashion paling mengerikan dari yang pernah ada. Dia menyamakan item fashion yang pernah booming pada 1990-an ini seperti kulot pendek.

Kesan santai dan nyaman dungaree tidak bisa dilepaskan dari asal-usulnya yang unik. Dikutip dari ghiboo.com, belum lama ini, dulunya dungaree merupakan baju yang banyak digunakan para budak, petani, pekerja mekanik dan konstruksi di pedesaan Amerika Serikat. Potongan dungaree yang longgar membuat mereka bebas dan nyaman bergerak.

Selena Gomez (glamourmagazine.co.uk)

Selena Gomez (glamourmagazine.co.uk)

Dungaree menjadi pakaian wajib di era 1990-an yakni ketika Jennifer Aniston dan Kylie Minogue mengenakannya. Kata dungaree diambil dari nama sebuah daerah terpencil di India yakni Dongri, yaitu tempat di mana bahan yang dipakai untuk membuat pakaian ini berasal.

Namun, anggota keluarga jumpsuit ini membuktikan bahwa dungaree bisa menginspirasi tren, yang tak hanya cocok dikenakan anak-anak namun juga layak masuk ke koleksi busana wanita dewasa. Celana denim panjang dan longgar, dimana terdapat potongan persegi di bagian dada dan penjepit di kedua sisinya menjadi ciri dungaree. Style-nya yang cukup chic dan cutely stylish membuat dungaree dapat dipadupadankan dengan dalaman apapun, baik t-shirt, blouse bahkan sweater.

Kini, dungaree tak hanya sebatas denim panjang. Banyak desainer telah merancang dungaree bercelana pendek atau rok pendek yang cocok digunakan untuk street style. Bahkan di musim hujan pun, Anda bisa tetap mengenakannya dengan padanan jaket atau kardigan yang sesuai. Seperti yang dikenakan Alexa Chung untuk airport style-nya dengan dungaree yang dipadupadankan dengan kemeja putih dan dibalut oversize coat Burberry yang didominasi warna pastel dan flat shoes warna senada. Kesan santai dungaree langsung terhapus begitu saja dan berganti dengan gaya mewah nan elegan.

Begitu adaptifnya dungaree di industri fashion yang dinamis diakui staf Buti Fashion yang berlokasi di Solo Grand Mall (SGM), Indra baru-baru ini. Apabila dungaree dulunya identik dengan denim dan jeans, sekarang  menurut dia sudah tidak lagi.

 Jameela Jamil (glamourmagazine.co.uk)


Jameela Jamil (glamourmagazine.co.uk)

“Demam dungaree sekarang memang menyerang lagi. Tapi saat ini dungaree tampil lebih feminim. Bukan dengan material denim melainkan menggunakan material spandex,” ujarnya.

Menggunakan material yang dikenal memiliki tingkat kelenturan tinggi, tambah Indra mendatangkan keuntungan tersendiri. Dari sisi tampilan contohnya, dungaree berbahan spandex terlihat lebih feminin sekaligus lebih formal karena bisa membentuk siluet tubuh. Pun adanya aksen kerutan di sekeliling mata kaki memberi sentuhan yang sangat feminim ketika dipadupadankan dengan high heels, misalnya.

“Untuk dungaree yang berbahan spandex, tidak hanya cocok untuk gaya informal namun juga gaya formal. Untuk bekerja pun bisa asal padu padannya tepat,” imbuh Indra.

Bukan hanya di Buti Fashion, di gerai Teen Girls yang juga berlokasi di SGM, dungaree tampil menggoda. Koleksi terbaru tersebut memang sangat cantik karena dua tali penjepit di dada tetap dipertahankan sementara potongannya justru mengambil model jumpsuit. Aksen tali di bagian depan makin menambah manis dungaree berbahan denim yang satu ini. Ingin mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya