Dulu Sinyal Susah, Ganjar Datang Kini Internet di Desa Ini Ngebut

Peningkatan layanan Internet di desa itu sangat berpengaruh positif terhadap keberlangsungan pendidikan dan ekonomi warga.

 Siswa di Desa Growong, Tempuran, Magelang, menggunakan HP untuk pendidikan jarak jauh. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Siswa di Desa Growong, Tempuran, Magelang, menggunakan HP untuk pendidikan jarak jauh. (Istimewa)

Solopos.com, MAGELANG — Masih ingat SDN Growong, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang yang sempat dikunjungi Gubernur Ganjar Pranowo, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Mei 2021? Kini, kebutuhan akses Internet sudah lancar untuk keperluan pembelajaran daring.

PromosiDesain dan Konsep IKN Nusantara Sepenuhnya Kota Masa Depan

Ya, saat itu orang nomor satu di Jawa Tengah ditemui Qotrunada, seorang siswi SDN setempat dan mengeluhkan sulitnya mendapatkan sinyal untuk akses Internet. Selain itu, banyak siswa yang tidak memiliki perangkat untuk melakukan pembelajaran daring, seperti handphone.

Seketika itu Ganjar langsung menelpon PT Telkom untuk segera menangani hal tersebut. Ia pun menyalurkan 10 unit handphone kepada siswa. Kini, kebutuhan jaringan Internet di sana sangat baik. Bahkan bukan hanya untuk pembelajaran daring, layanan Internet juga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Jateng Borong Penghargaan Proklim 2021 dari KLHK

Catur Arif, siswa SDN Growong menuturkan bahwa saat ini dirinya bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh menggunakan handphone.

“Jaringan Internet sekarang lancar. Terima kasih Pak Ganjar, sudah memberi hadiah HP sama Internet lancar,” kata siswa kelas 5, Selasa (19/10/2021).

Kepala SDN Growong, Isma’il menyampaikan bahwa peningkatan layanan Internet di desanya sangat berpengaruh positif terhadap keberlangsungan pendidikan di sekolahnya. “Iya, sekarang Internet lancar sejak kunjungan Pak Gubernur waktu itu,” jelasnya.

Bukan hanya layanan Internet, lanjut dia, Gubernur juga menyalurkan 10 unit handphone kepada siswa kurang mampu untuk keperluan pembelajaran daring. Sebelumnya, guru harus rela mendatangi rumah-rumah siswa untuk memberikan pelajaran.

Baca Juga: Kesetaraan Gender di Jateng Terbaik di Indonesia

“Dulunya ada guru yang datang door to door ke rumah siswa untuk mengajar, karena sinyal susah dan siswa banyak yang tidak punya HP. Tapi sekarang sudah bisa daring, sinyal lancar,” tambahnya.

Peningkatan layanan Internet bukan hanya dinikmati sektor pendidikan, melainkan masyarakat umum. Salah satunya usaha jasa desain logo.

Desi Widyawati yang mengguti usaha pembuatan logo bersama suaminya, Muhammad Hamim lebih mudah melakukan transaksi penjualan karena Internet lancar.

akses Internet Growong Magelang 2
Pelaku usaha di Desa Growong, Tempuran, Magelang, yang terbantu dengan adanya akses Internet. (Istimewa)

“Ini awalnya usaha suami, saya baru belajar. Ini desain grafis dan desain logo. Kami menjual lewat internet karena pasarannya ke luar negeri,” paparnya.

Desan logo karya suaminya, tutur Desi pernah terjual hingga harga Rp 7 juta. “Penjualannya pakai dolar, kalau rupiah pernah terjual sampai tujuh juta rupiah. Alhamdulillah dari usaha ini sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup dan sekolahkan anak,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemprov dan Bank Jateng Gelar UKM Virtual Expo 2021

Sementara, Manager BGES Witel Magelang PT Telkom Dianty Elisiana mengatakan pihaknya langsung bergerak cepat untuk meningkatkan layanan Internet setelah kunjungan Gubernur waktu itu.

“Ya, kami bergerak cepat untuk peningkatan layanan Internet di sini. Kami pastikan jaringan lancar, baik untuk keperluan pendidikan maupun masyarakat umum,” tandasnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Berita Terkini

Polres dan BIN Gelar Vaksinasi di Grobogan, Tapi Beda Sasaran

Polres Grobogan melaksanaan vaksinasi booster untuk seluruh anggotanya, sedang vaksinasi oleh BIN Jateng sasarannya anak/pelajar.

Udinus Kembali Gelar Dinusfest, Pelajar SMA/SMK Merapat!

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang akan kembali menggelar ajang Dinusfest pada awal Februari 2022.

Kisah Si Raja Gula Asia, Pengusaha Terkaya dari Semarang

Beginilah riwayat kerajaan bisnis Raja Gula Asia yang merupakan pengusaha terkaya asal Semarang, Oei Tiong Ham.

Tak Hanya Solo, DPC Partai Gerindra Grobogan Juga Laporkan Edy Mulyadi

Jajaran pengurus DPC Partai Gerindra Grobogan melaporkan pemilik akun Youtube Bang Edy yang dinilai menghina Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Harta Warisan Pengusaha Terkaya Asia Asal Semarang Jadi Sengketa

Harta warisan pengusaha terkaya Asia Tenggara asal Semarang, Oei Tiong Ham, sempat menjadi sengketa.

Patung dan Taman Kota di Semarang Bakal Bertambah

Pemkot Semarang berencana menambah jumlah taman kota dan patung sebagai ikon di wilayahnya.

Tak Betah Mondok, 2 Santriwati Banyumas Ngaku Diculik dan Diperkosa

Dua santriwati sebuah pondok pesantren di Banyumas menyampaikan informasi palsu atau bohong telah menjadi korban penculikan dan pemerkosaan.

Megah, Ini Potret Istana Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Inilah potret kemegahan istana peninggalan pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di Semarang, Jawa Tengah.

Ini Hlo Isi Brankas Milik Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Inilah isi dua brankas tua milik pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di Semarang, Oei Tiong Ham, yang berada di Restoran Pring Sewu, Semarang.

Soesmans Kantoor, Aset Pengusaha Terkaya Asia di Kota Lama Semarang

Soesmans Kantoor adalah bangunan bergaya Eropa di kawasan Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah, yang merupakan peninggalan pengusaha terkaya se-Asia Tenggara zaman Belanda, Oei Tiong Ham.

Ini Wujud 2 Istana Pengusaha Terkaya Asia Tenggara di Semarang

Inilah wujud dua istana megah peninggalan pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Hari Bhakti Imigrasi ke-72, Kemenkumham Jateng Tabur Bunga di TMP

Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah bersama jajaran Unit Pelaksana Teknis se-Kota Semarang melakukan upacara dan ziarah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal,

Pemberian Doorprize Bikin Senang Peserta Vaksinasi Binda di Grobogan

Pelaksanaan vaksinasi massal di Balai Desa Sidorejo, Kecamatan Pulokulon, Grobogan menarik masyarakat karena disediakan doorprize.

Papasan dengan Motor Tossa, Bus Peziarah Temanggung Terguling di Sawah

Sebuah bus yang mengangkut rombongan peziarah Ponpes Darul Muttaqien di Temanggung terguling di area persawahan.

Pemerintah Perpanjang PPKM, Begini Reaksi Gubernur Ganjar

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, angkat bicara terkait kebijakan pemerintah pusat yang memperpanjang penerapan PPKM Jawa-Bali hingga 31 Januari 2022.

Bus Sarat Penumpang di Grobogan Nyemplung ke Saluran, Ini Penyebabnya

Bus sarat penumpang jurusan Purwodadi – Sulursari nyemplung ke saluran air di Jalan Purwodadi – Blora, di Desa Sambirejo, Wirosari.