Dulu Evakuasi Mbah Maridjan, Kendaraan Ini Kini Diterjunkan ke Semeru

Sebanyak 2 unit Hagglund PMI dibantu personel Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan menembus permukiman Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DIY saat erupsi Merapi tahun 2010.

 Mobil Hagglund PMI saat melakukan evakuasi korban erupsi Gunung Merapi tahun 2010 di Yogyakarta. (Istimewa/Dokumentasi Tim Media PMI)

SOLOPOS.COM - Mobil Hagglund PMI saat melakukan evakuasi korban erupsi Gunung Merapi tahun 2010 di Yogyakarta. (Istimewa/Dokumentasi Tim Media PMI)

Solopos.com, SOLO — Palang Merah Indonesia (PMI) menerjunkan 2 unit mobil Hagglund ke lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

PMI memberangkatkan 2 unit Hagglund ke Lumajang pada Minggu (5/12/2021) malam. Dua unit Hagglund PMI berangkat dari pangkalannya di Cileungsi Kabupaten Bogor. Diperkirakan, 2 unit Hagglund akan tiba di Posko PMI Kabupaten Lumajang pada Senin (6/12/2021) siang.

Kendaraan Hagglund ini tidak hanya difungsikan membantu pencarian korban dan evakuasi warga. Rencana, Hagglund digunakan mengangkut bahan makanan ke pos-pos pengungsian yang tidak bisa dilintasi kendaraan biasa.

Baca Juga : PMI Kerahkan 2 Unit Hagglund ke Lokasi Erupsi Semeru, Ini Kekuatannnya

Dilansir dari siaran pers tim Media PMI, Senin (6/12/2021), Hagglund PMI ini beberapa kali diterjunkan membantu evakuasi korban letusan gunung. Beberapa di antara, erupsi Gunung Merapi tahun 2010, erupsi Gunung Kelud tahun 2011, dan erupsi Gunung Sinabung tahun 2013.

Dan kini, Hagglund PMI kembali terlibat dalam evakuasi di lokasi erupsi Gunung Semeru tahun 2021. “Sebanyak 2 unit Hagglund PMI dibantu personel Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Surakarta berhasil menembus permukiman Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Itu ketika tahun 2010,” tulis tim Media PMI.

Relawan PMI bersama Tim SAR lainnya berhasil mengevakuasi beberapa jenazah yang ditemukan di dalam rumah warga di kawasan pemukiman Mbah Marijan kala itu.

Baca Juga : Solopos Hari Ini: Pekerjaan Besar Mitigasi Erupsi

Hagglund memiliki ketangguhan bisa melintasi jalur yang dipenuhi debu vulkanik dengan suhu sampai 60 derajat celcius. Kendaraan multifungsi Hagglund ini memiliki roda rantai yang bisa melintasi medan dengan suhu panas.

“Bak bagian belakang bisa digunakan mengangkut barang serta manusia. Membantu evakuasi korban di daerah yang sulit dijangkau kendaraan biasa dan mencari korban yang tertimbun debu vulkanik serta lahar dingin,” tulisnya lagi.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, memerintahkan jajarannya menurunkan Hagglund milik PMI ke lokasi erupsi Semeru. Staf Biro Sarpras Markas Pusat PMI menindaklanjuti perintah JK, sapaan akrab Jusuf Kalla.

Baca Juga : Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

“Hagglund ini di bawah kendali operasi PMI Kabupaten Lumajang dalam menjalankan operasi pencarian,” tulis tim media PMI.

PMI Lumajang, lanjutnya, akan menempatkan 2 Hagglund di dua sisi jembatan Gladak Perak, tepatnya di Desa Curah Kobokan, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Jembatan itu putus diterjang lahar dingin letusan Gunung Semeru.

Detailnya, 1 unit ditempatkan di posisi akses menuju Kecamatan Candipuro dan 1 unit di Kecamatan Pronojiwo, yaitu akses melewati Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Siapkan 3 Opsi, Menag Berharap Ibadah Haji Bisa Dimulai 5 Juni

Pemerintah Arab Saudi belum menyampaikan keputusan terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 setelah terjadi penyebaran virus Covid-19 varian Omicron.

Potensi Desa Jadi Sasaran Survei Mahasiswa Pariwisata Indonesia

Mahasiswa pariwisata Indonesia mengadakan survei potensi desa pada wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Diputuskan! Ini Nama Ibu Kota Negara yang Baru di Kalimantan Timur

Presiden Joko Widodo menyetujui nama ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, yakni Nusantara.

Pelaku Perjalanan dari Turki Penyumbang Terbanyak Kasus Omicron di RI

Pemerintah terus memantau perkembangan pengendalian pandemi Covid-19 termasuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

+ PLUS Kepala Daerah Ditangkap KPK Bukti Politik Dinasti Jalan Korupsi Politik

Korupsi politik adalah bentuk transaksi yang dilakukan antaraktor sektor privat dan publik melalui barang publik yang secara ilegal dikonversi ke dalam pertukaran yang bersifat privat.

Dituntut Mati Terkait Kasus Asabri, Nasib Heru Hidayat Ditentukan Besok

Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), Heru Hidayat, dituntut hukuman mati terkait kasus korupsi dana investasi PT Asabri.

+ PLUS Pidana Mati Predator Seksual Bukan Solusi untuk Pemulihan Korban

Predator seksual di Bandung, Jawa Barat, Herry Wirawan, yang memerkosa 13 santriwati, dituntut pidana mati dan denda serta pidana tambahan berupa kebiri kimiawi.

Gempa Bumi Magnitudo 5,4 Guncang Lebak Banten

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,4 mengguncang Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Senin (17/1/2022) pukul 07.25 WIB.

10 Berita Terpopuler: 10 Hari, Menunggu Keputusan Ustaz Yusuf Mansur

Ulasan tentang ustaz Yusuf Mansur menggelar yasinan selama 40 hari untuk menghadapi orang-orang yang dirasa menyerang dirinya menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Senin (17/1/2022).

Solopos Hari Ini: Dilema PTM 100%

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100% diliputi dilema ancaman penularan Covid-19 khususnya varian Omicron yang kian meluas.

Kucurkan Rp5,6 M ke Yusuf Mansur, Nur Syamsu Yakin Uang Kembali

Nama besar Ustaz Yusuf Mansur yang membuat dirinya tidak punya prasangka macam-macam saat ditawari investasi pada tahun 2009 silam. 

MAKI: Harusnya Kejakgung Tak Ada Kendala Tangani Korupsi di Kemenhan

Apabila kasus melibatkan oknum TNI, Kejaksaan Agung tidak memiliki kendala karena memiliki Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Militer.

Penggugat: Yusuf Mansur Berjanji Ganti Semua Investasi Batu Bara

Menurut Zaini, dai kondang itu pernah berjanji di hadapan para investor bahwa dirinya akan mengganti seluruh uang investasi jemaahnya. 

Dinyinyiri, Ustaz Yusuf Mansur Banyak Dibela Warganet

Dai kondang itu menggerakkan seluruh santri yang berada di jaringan pondok pesantrennya untuk menggelar yasinan selama 40 hari.

Pertambahan Kubah Lava Gunung Merapi Seiring Kekaguman pada Metaverse

Jika dikonversikan ke muatan truk pasir yang biasa melintas di jalanan pertambahan kubah lava Gunung Merapi itu setara dengan 400 bak truk per hari.