Dulu Dipandang Sebelah Mata, SMPN 2 Prambanan Kini Kebanjiran Murid

Jumlah pendaftar calon siswa di SMPN 2 Prambanan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini membeludak.

 Pengendara melintas di depan SMPN 2 Prambanan, Jl. Ratu Boko, Desa Pereng, Kecamatan Prambanan, Rabu (6/7/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Pengendara melintas di depan SMPN 2 Prambanan, Jl. Ratu Boko, Desa Pereng, Kecamatan Prambanan, Rabu (6/7/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Jumlah pendaftar calon siswa di SMPN 2 Prambanan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini membeludak. Sebelumnya, sekolah yang berada di pinggiran Klaten dan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Sleman, DIY itu menjadi langganan kekurangan siswa saban PPDB digelar.

Berbagai upaya dilakukan guru sekolah setempat agar kuota PPDB terpenuhi. Bahkan, guru setempat sampai gerilya ke sekolah lain yang pendaftarnya melebihi daya tampung.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Kepala SMPN 2 Prambanan, Sri Purwaningsih, mengatakan peningkatan jumlah siswa di SMP tersebut mulai terjadi pada 2020. Kala itu, sekolah tersebut meluluskan sebanyak 78 siswa dan jumlah pendaftar pada PPDB 2020 sebanyak 140-an siswa. Pada PPDB 2021, jumlah pendaftar di SMP tersebut mencapai hampir 160 siswa.

“Tahun ini meledak,” kata Sri Purwaningsih saat ditemui Solopos.com di SMPN 2 Prambanan, Rabu (6/7/2022).

Sri Purwaningsih membenarkan pada PPDB tahun ini banyak pendaftar di SMPN 2 Prambanan yang terpental dari zonasi lantaran membeludaknya pendaftar.

Baca Juga: Terlempar Di Zonasi SMP Terdekat, CPD Lereng Merapi Klaten Kebingungan

“Kalau ditotal sampai dua kelas [yang terpental],” jelas dia.

Sri Purwaningsih mengatakan selama ini tak ada perubahan zonasi SMPN 2 Prambanan maupun daya tampung sekolah sebanyak 160 siswa. Selain di wilayah Kecamatan Prambanan, radius zonasi SMPN 2 Prambanan mencapai wilayah Sleman, DIY lantaran SMP itu berbatasan langsung dengan wilayah Sleman.

Dia tak menampik sebelumnya SMP itu kerap dipandang sebelah mata. Lokasi SMP itu berada di pinggiran, di bawah perbukitan wilayah Desa Pereng, Kecamatan Prambanan. Tak banyak warga yang memilih menyekolahkan anak mereka ke SMP tersebut.

Disinggung upaya yang dilakukan hingga jumlah calon siswa yang mendaftar bisa melebihi kuota, Sri Purwaningsih mengatakan selama ini dilakukan perubahan dari tiga hal. Ketiga hal itu yakni kualitas, pelayanan, serta wajah sekolah.

Baca Juga: Di Klaten Masih Ditemukan Daerah Blank Spot Zonasi PPDB SMP, Di Mana?

Hal itu mulai dilakukan sejak Sri Purwaningsih kali pertama menjadi kepala SMPN 2 Prambanan, yaitu tahun 2020.

Perubahan wajah sekolah dilakukan dengan membikin suasana sekolah tersebut lebih bersih dan rapi. Sri Purwaningsih tak menampik dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sekolah setempat minim lantaran kala itu jumlah siswa sedikit.

“Bapak ibu guru gotong royong,” kata dia.

Hingga akhirnya sekolah itu mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata. Selain wajah sekolah, Sri Purwaningsih mengajak guru setempat untuk melakukan perubahan dari sisi pelayanan kepada orang tua, siswa, maupun warga di sekitar sekolah.

Baca Juga: Josss! Jateng Luncurkan 15 SMK Semi-Boarding untuk Siswa Tidak Mampu

Soal peningkatan kualitas, Sri Purwaningsih menjelaskan selama ini upaya peningkatan kapasitas guru terus dilakukan. Berbagai pelatihan diberikan kepada guru sekolah tersebut.

Tak hanya itu, sekolah itu mengikuti seleksi sebagai Sekolah Penggerak hingga akhirnya SMPN 2 Prambanan lolos sebagai salah satu Sekolah Penggerak di Indonesia.

“Prosesnya untuk masuk itu sulit. Apalagi ketika mengikuti seleksi, saya sendiri sedang dalam kondisi tidak fit. Hasil doa teman-teman, akhirnya berhasil menjadi sekolah penggerak,” kata Sri Purwaningsih.

Upaya-upaya itu akhirnya membuahkan hasil. Dari tahun ke tahun jumlah siswa sekolah setempat terus meningkat. Dalam berbagai ajang, siswa SMPN 2 Prambanan bisa berprestasi. Sri Purwaningsih bertekad bakal terus melanjutkan berbagai inovasi di masa mendatang.

Baca Juga: SMP Negeri di Klaten Ini Tak Terapkan Zonasi tapi Masih Kurang Siswa

“SMPN 2 Prambanan sebenarnya bukan sekolah pinggiran. Dari sisi tempat, sekolah ini sebenarnya strategis berada di daerah wisata. Selain itu suasananya nyaman untuk pembelajaran,” kata dia.

Subkoordinator Kurikulum dan Penilaian Bidang SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Bintang Agastya, mengatakan ada sejumlah SMP yang kuotanya belum terpenuhi setelah PPDB online ditutup.

“SMPN 2 Prambanan tahun ini kejutan. Tahun ini sampai menolak. Artinya, secara sistem kuotanya terpenuhi,” kata Bintang.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.

      2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

      Grup band rock asal Amerika Serikat, Dream Theater, suskes menghibur para penggemarnya dalam konser di area parkir Stadiona Manahan Solo selama dua jam tanpa jeda.

      Konflik Rusia Sebabkan Harga Pupuk di Sukoharjo Naik, Kok Bisa?

      Harga pupuk nonsubsidi di sejumlah daerah fluktuatif karena bahan baku yakni salah satunya fosfat harus diimpor dari Rusia.

      Dream Theater Konser di Solo, Pengendara Motor Berhenti untuk Menikmati

      Warga dan pengendara motor berbondong-bondong datang dan berhenti sekadar untuk menikmati cahaya lampu dan suara konser Dream Theater dari luar Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.

      Banjir Hadiah, Petani Sukoharjo Serbu ODP Pupuk Petrokimia Gresik

      Bersamaan dengan ulang tahun ke-50, PT Petrokimia Gresik menggelar program promosi pupuk yakni one day promotion (ODP) serentak di 50 kios yang tersebar di 19 provinsi, Rabu (10/8/2022).

      Kronologi Pekerja Meninggal di Pabrik Bata di Sragen, Terjepit Konveyor

      Polisi menyebut kematian pekerja di pabrik bata ringan di Kecamatan Sambungmacan, Sragen adalah kecelakaan kerja. Korban yang asal Blitar, Jatim meninggal setelah terjepit konveyor.

      Konser Dream Theater, Gibran Datang saat Lagu The Ministry Of Lost Soul

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka datang ke konser Dream Theater di Manahan, Solo, pada pertengahan lagu kedelapan.