Dukungan Dunia Pendidikan Untuk Tiga Potensi di Karanganyar

 Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati di Solopos talkshow virtual, Menuju Karanganyar Maju dan Berdaya Saing, Rabu (14/7/2021) malam. (Tangkapan layar)

SOLOPOS.COM - Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati di Solopos talkshow virtual, Menuju Karanganyar Maju dan Berdaya Saing, Rabu (14/7/2021) malam. (Tangkapan layar)

Solopos.com, SOLO – Ada tiga potensi di Kabupaten Karanganyar yang bisa dikembangkan, yakni pariwisata, pertanian, dan industri, sehingga dibutuhkan dukungan dunia pendidikan dalam pengembangan ketiga potensi tersebut.

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati menyampaikan hal itu saat menjadi narasumber Solopos talkshow virtual yang digelar, Rabu (14/7/2021) malam. Mengusung tema, Menuju Karanganyar Maju dan Berdaya Saing, talkshow dipandu Pemimpin Redaksi Solopos Media Group, Rini Yustiningsih.

PromosiMengundang Bencana di Tanah Bencana

Hadir pula Bupati Karanganyar Juliyatmono, Ketua DPRD Karangnyar, Bagus Selo, dan Deputi Branch Head JNE, Agus Yunanto. Talkshow virtual ini didukung Artugo, JNE Express, Universitas Terbuka Surakarta, Prodia, Sharp, dan Nasmoco Ring Road Solo.

“Jadi bagaimana pendidikan bisa menujang potensi yang ada di Karangaranyar. Salah satunya dengan keberadaan SMK yang memiliki jurusan, pariwisata dan perindustrian. Bisa juga ditambah jurusan multimedia,” ujar Yulia Budiwati.

Baca juga: Berjuang Bersama Menuju Karanganyar Maju dan Berdaya Saing

Sehingga di Karanganyar, lanjutnya, tenaga kerja lulusan dari SMK tidak perlu lagi keluar daerah. Dengan pendidikan yang didapatkan bisa mengembangkan dunia pariwisata, industri, dan pertanian di Karanganyar.

Menanggapi usulan tersebut, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan bahwa saat ini untuk SLTA termasuk SMK kewenangannya ada di pemerintah provinsi atau gubernur.

“Sebenarnya ketika masih menjadi kewenangan pemkab, kita arahkan untuk mendukung potensi di Karanganyar. Sehingga lulusan SMK bisa survive jika tidak melanjutkan kuliah,” jelas Juliyatmono.

Baca juga: Hati-Hati, Hindari Kesalahan Memakai Pinjaman Online

Pendidikan Untuk Peradaban di Karanganyar

Pendidikan Karanganyar

Ketua DPRD Karanganyar. (Tangkapan layar)

Memang, lanjut Juliyatmono, indeks pembangunan manusia tergantung lama belajar. Kebetulan di Karanganyar, rata-rata sudah sampai tingkat D1-D2. “Rencana akan ada tiga perguruan tinggi baru di Karanganyar. Karena pendidikan tinggi penting untuk peradaban baru,” ujar Yuliatmono tanpa menjelaskan nama perguruan tinggi dan lokasinya.

Sedang Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo mengatakan seperti yang disampaikan Bupati Yuliatmono, bahwa SMA/SMK menjadi kewenangan Pemprov Jateng. Kendati demikian di Karanganyar ada Balai Latihan Kerja (BLK).

“BLK bisa menjadi tempat pelatihan mereka yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutntya. Diharapkan siap untuk bisa bekerja dengan keterampilan yang sudah didapatkan selama pelatihan di BLK,” jelas Bagus Selo.

Baca juga: Gedung BLK Karanganyar Jadi Tempat Isolasi Terpusat Pasien Covid-19

Pelatihan UMKM
Deputi Branch Head JNE. (Tangkapan layar)

Sementara Deputi Branch Head JNE, Agus Yunanto menyatakan, JNE sebagai penyedia jasa pengiriman juga memberikan perhatian pada dunia usaha. Salah satunya memberikan pelatihan kepada UMKM agar mampu berjualan online di marketplace.

“Ada transaksi sekitar 40.000-50.000 per bulan di JNE yang mayoritas adalah pelaku UMKM. Sehingga JNE menggandeng narasumber yang kompeten juga memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM. Terutama yang selama ini offline agar mampu jualan online,” jelas Agus.

Untuk pelatihan, lanjut Agus, JNE siap membantu pelaku UMKM mulai dari pengemasan, pembuatan website hingga berjualan di marketplace. Bagi kelompok usaha yang ingin mendapatkan pelatihan, bisa menghubungi (0271) 6776800.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Sambut HUT ke-25, Solopos Salurkan Bantuan ke PSAA Hosana Karanganyar

Solopos Media Group menyalurkan bantuan ke PSAA Hosana di Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, dalam rangka HUT ke-25 Solopos.

Pasar Hewan Ditutup 2 Pekan, Pedagang Sapi Boyolali: Serba Repot

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menutup seluruh pasar hewan di wilayah setempat selama dua pekan, mulai Jumat (27/5/2022) hingga Jumat (10/6/2022).

Begini Kocaknya Bio One Cs Dari Film Srimulat Saat Kunjungi Solopos

Para aktor, sutradara, dan kru film Srimulat: Hil Yang Mustahal tampil kocak dengan lelucon-lelucon saat mengunjungi Griya Solopos di Solo.

Pasar Hewan di Cepogo Boyolali Mendadak Sepi H-1 Penutupan, Alasannya?

Pasar Hewan Sunggingan yang berada di Jelok, Cepogo, Boyolali tak seramai seperti biasanya sehari menjelang penutupan sementara, Kamis (26/5/2022).

Prabowo Hingga Surya Paloh, Ketum Parpol Hadiri Pernikahan Adik Jokowi

Selain menteri dan pejabat tinggi kepolisian dan TNI, tampak sejumlah pimpinan parpol menghadiri pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua MK Anwar Usman di Solo.

H-1 Penutupan Pasar Hewan, Ini yang Dilakukan Tim Gabungan Boyolali

Tim gabungan menggelar sosialisasi penutupan pasar, pengecekan hewan, hingga penyemprotan disinfektan sehari menjelang penutupan pasar hewan di Boyolali, Kamis (26/5/2022).

Begini Suasana Perayaan Kenaikan Isa Almasih di Wonogiri

Sejumlah personel Kepolisian Resor (Polres) Wonogiri diterjunkan ke sejumlah gereja selama ibadah perayaan Kenaikan Isa Almasih, Kamis (26/5/2022).

Pandemi Covid-19! Penangkar Jalak di Bayat Klaten Tetap Untung

Peternak jalak di Kampung Jalak, Dukuh Nglebak, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, masih merasakan keuntungan di tengah pandemi Covid019.

PPPK Klaten Geruduk BKPSDM Klaten PascaPeroleh SK, Ada Apa?

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang pekan lalu baru menerima surat keputusan (SK) menggeruduk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klaten, Rabu (25/5/2022).

Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

PMK Belum Pengaruhi Harga Daging Sapi di Wonogiri, Benarkah?

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dinilai belum mempengaruhi harga daging sapi di Wonogiri.

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.