Tutup Iklan

Dukungan Dunia Pendidikan Untuk Tiga Potensi di Karanganyar

 Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati di Solopos talkshow virtual, Menuju Karanganyar Maju dan Berdaya Saing, Rabu (14/7/2021) malam. (Tangkapan layar)

SOLOPOS.COM - Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati di Solopos talkshow virtual, Menuju Karanganyar Maju dan Berdaya Saing, Rabu (14/7/2021) malam. (Tangkapan layar)

Solopos.com, SOLO – Ada tiga potensi di Kabupaten Karanganyar yang bisa dikembangkan, yakni pariwisata, pertanian, dan industri, sehingga dibutuhkan dukungan dunia pendidikan dalam pengembangan ketiga potensi tersebut.

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati menyampaikan hal itu saat menjadi narasumber Solopos talkshow virtual yang digelar, Rabu (14/7/2021) malam. Mengusung tema, Menuju Karanganyar Maju dan Berdaya Saing, talkshow dipandu Pemimpin Redaksi Solopos Media Group, Rini Yustiningsih.

Hadir pula Bupati Karanganyar Juliyatmono, Ketua DPRD Karangnyar, Bagus Selo, dan Deputi Branch Head JNE, Agus Yunanto. Talkshow virtual ini didukung Artugo, JNE Express, Universitas Terbuka Surakarta, Prodia, Sharp, dan Nasmoco Ring Road Solo.

“Jadi bagaimana pendidikan bisa menujang potensi yang ada di Karangaranyar. Salah satunya dengan keberadaan SMK yang memiliki jurusan, pariwisata dan perindustrian. Bisa juga ditambah jurusan multimedia,” ujar Yulia Budiwati.

Baca juga: Berjuang Bersama Menuju Karanganyar Maju dan Berdaya Saing

Sehingga di Karanganyar, lanjutnya, tenaga kerja lulusan dari SMK tidak perlu lagi keluar daerah. Dengan pendidikan yang didapatkan bisa mengembangkan dunia pariwisata, industri, dan pertanian di Karanganyar.

Menanggapi usulan tersebut, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan bahwa saat ini untuk SLTA termasuk SMK kewenangannya ada di pemerintah provinsi atau gubernur.

“Sebenarnya ketika masih menjadi kewenangan pemkab, kita arahkan untuk mendukung potensi di Karanganyar. Sehingga lulusan SMK bisa survive jika tidak melanjutkan kuliah,” jelas Juliyatmono.

Baca juga: Hati-Hati, Hindari Kesalahan Memakai Pinjaman Online

Pendidikan Untuk Peradaban di Karanganyar

Pendidikan Karanganyar

Ketua DPRD Karanganyar. (Tangkapan layar)

Memang, lanjut Juliyatmono, indeks pembangunan manusia tergantung lama belajar. Kebetulan di Karanganyar, rata-rata sudah sampai tingkat D1-D2. “Rencana akan ada tiga perguruan tinggi baru di Karanganyar. Karena pendidikan tinggi penting untuk peradaban baru,” ujar Yuliatmono tanpa menjelaskan nama perguruan tinggi dan lokasinya.

Sedang Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo mengatakan seperti yang disampaikan Bupati Yuliatmono, bahwa SMA/SMK menjadi kewenangan Pemprov Jateng. Kendati demikian di Karanganyar ada Balai Latihan Kerja (BLK).

“BLK bisa menjadi tempat pelatihan mereka yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutntya. Diharapkan siap untuk bisa bekerja dengan keterampilan yang sudah didapatkan selama pelatihan di BLK,” jelas Bagus Selo.

Baca juga: Gedung BLK Karanganyar Jadi Tempat Isolasi Terpusat Pasien Covid-19

Pelatihan UMKM
Deputi Branch Head JNE. (Tangkapan layar)

Sementara Deputi Branch Head JNE, Agus Yunanto menyatakan, JNE sebagai penyedia jasa pengiriman juga memberikan perhatian pada dunia usaha. Salah satunya memberikan pelatihan kepada UMKM agar mampu berjualan online di marketplace.

“Ada transaksi sekitar 40.000-50.000 per bulan di JNE yang mayoritas adalah pelaku UMKM. Sehingga JNE menggandeng narasumber yang kompeten juga memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM. Terutama yang selama ini offline agar mampu jualan online,” jelas Agus.

Untuk pelatihan, lanjut Agus, JNE siap membantu pelaku UMKM mulai dari pengemasan, pembuatan website hingga berjualan di marketplace. Bagi kelompok usaha yang ingin mendapatkan pelatihan, bisa menghubungi (0271) 6776800.


Berita Terkait

Berita Terkini

Sebelum Meninggal, Satpam Gudang Rokok di Solo Sempat Minta Tolong

Korban kasus perampokan dan pembunuhan di gudang rokok di Jl. Brigjend Sudiarto, Joyotakan, Serengan, Solo, bernama Suripto, sempat merintih meminta tolong kepada tersangka, RS alias S, 21, saat kejadian, Senin (15/11/2021) dini hari.

Sadis, Perampok & Pembunuh Satpam Gudang Rokok di Solo Jalani 69 Adegan

Terdapat 69 adegan rekonstruksi kasus dugaan perampokan dan pembunuhan satpam gudang rokok di Jl. Brigjend Sudiarto, Joyotakan, Serengan, Solo.

Gibran Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Belajar di Solo

Selain menjamin Kota Solo aman ditinggali mahasiswa asal Papua, Gibran Rakabuming Raka juga menyebut Kota Bengawan layak dijadikan tujuan belajar mengingat biaya hidup yang murah dan lokasinya yang strategis.

Pilih Aneka Ayam Panggang Hanya di I Am In Love

Menu I Am In Love ini dikemas dalam aneka menu nasi boks yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tolak Hadiah Sepeda Bupati Sragen, Siswa SD Justru Minta Bus Remote

Seorang siswa SD menolak hadiah sepeda yang ditawarkan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan memilih hadiah bus remote dengan spesifikasi khusus.

Catat! Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sragen Hari ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Round Up: Guru SMP di Wonogiri Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Seorang guru dari salah satu SMP negeri di Wonogiri meninggal dunia terpapar Covid-19, Sabtu (27/11/2021).

Ada Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sukoharjo Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sukoharjo hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Densu hingga Endah Laras Terpantau Syuting Film di Pasar Gede Solo

Denny Sumargo (Densu) dan Endah Laras terpantau mengikuti proses syuting salah satu film di Pasar Gede Solo pada, Minggu (28/11/2021) malam.

Jadwal Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Klaten Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Klaten hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung lima jam.

Buka Lagi, Kolam Keceh Bulusulur Wonogiri Dilengkapi Terapi Ikan

Kolam Keceh dilengkapi beberapa fasilitas baru seperti terapi ikan, kuliner malam, dan permainan anak.

Sekolah di Solo Diminta Kreatif Rancang Pembelajaran Campuran

Sejumlah sekolah telah berinovasi dengan penggunaan beragam aplikasi, meski ada pula yang masih beradaptasi dengan teknologi informasi.

Pemilihan Putra Putri Batik Solo Akhir Pekan Ini Panaskan SBF 2021

Ajang pemilihan Putra Putri Batik 2021, akhir pekan ini, akan memanaskan agenda Solo Batik Fashion (SBF) 2021 yang akan dibuka pada Senin (6/12/2021).

Tim Gabungan Solo Perketat Pemantauan Tempat Wisata saat PPKM Nataru

Pengetatan pemantauan tempat wistaa agar ke depan tidak muncul lonjakan kasus corona maupun klaster baru persebaran Covid-19.

Disdik Solo Matangkan Rencana PTM di Ruang Terbuka

PTM di ruang terbuka dinilai dapat mengurangi potensi penularan Covid-19 di lingkungan.

Boyolali Bangun Wisata Religi, Ada Replika Ka'bah hingga Padang Arafah

Keberadaan replika ka’bah dan miniatur objek-objek kawasan Timur Tengah akan menambahi koleksi miniatur lain seperti Patung Liberty, Menara Pizza, dan Menara Eiffel.