SOLOPOS.COM - Aksi mendukung KPK di Solo belum lama ini. Aksi serupa juga berlangsung di berbagai tempat, tak terkecuali di luar negeri. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Aksi mendukung KPK di Solo belum lama ini. Aksi serupa juga berlangsung di berbagai tempat, tak terkecuali di luar negeri. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

MELBOURNE – Tak hanya di Tanah Air, aksi dukungan pemberantasan korupsi juga digelar oleh mahasiswa dan warga Indonesia yang berada di Melbourne, Australia. Hari ini, Jumat (12/10/2012), mahasiswa dan warga Indonesia yang berada di Melbourne akan mengadakan aksi dukungan terhadap upaya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan elemen-elemen bangsa untuk menengahi konflik antara institusi KPK dan POLRI.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Aminuddin M Ramdan, Lurah Indomelb yang sekaligus menjadi koordinator aksi ini mengatakan aksi akan diadakan di University Square, University of Melbourne pukul 14.00 waktu setempat. “Inisiatif untuk melakukan aksi ini berangkat dari komitmen Indomelb untuk terus mengawal agenda pemberantasan korupsi di Indonesia, sebagaimana pernyataan sikap kami dalam aksi Voice From Melbourne di Federation Square, 8 Juli lalu,” katanya dalam Surel yang Bisnis peroleh.

Dia menjelaskan aksi kali ini akan fokus pada konflik antar dua institusi utama penanganan korupsi di Indonesia yaitu KPK dan POLRI serta langkah mediasi yang dilakukan oleh pemerintah di bawah Presiden SBY melalui pidatonya pada 8 Oktober. “Aksi utama kali ini adalah mengirimkan ‘surat cinta’ kepada Bapak Presiden SBY sebagai bentuk dukungan warga Indomelb terhadap langkah pemerintah untuk bisa mensinergikan lembaga-lembaga terkait dalam penanganan kasus-kasus korupsi, penolakan terhadap upaya-upaya pelemahan KPK melalui revisi UU, dan mendorong agar ketegasan sikap Presiden dapat menjadi titik awal perubahan kearah reformasi sistem yang lebih baik,” tutur Aminuddin.

Selain mengirimkan ‘surat cinta’, sambungnya, sebagian warga Indomelb akan berkumpul bersama untuk menyuarakan dukungan dalam bentuk lagu dan mengheningkan cipta sejenak untuk mengirimkan dukungan moral kepada rekan-rekan yang berjuang di Tanah Air. “Surat cinta dan dokumentasi aksi akan kami sebarluaskan segera setelah acara selesai,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya