SOLOPOS.COM - Pengantin asal Karanganom saat menyebar benih ikan di sungai di depan KUA Karanganom, Klaten, Senin (28/11/2022). (Istimewa/KUA Karanganom)

Solopos.com, KLATEN — Pasangan pengantin asal Karanganom, Muhammad Fajar dan Mutiara Indah menyebar 500 benih ikan di sungai di depan KUA Karanganom, Senin (28/11/2022). Selain menjaga kelestarian ekosistem di sungai, kegiatan itu juga mendukung program gerakan pengantin cinta bumi (Kantin Cumi).

Penyebaran benih ikan dilakukan setelah akad nikah di aula balai nikah dan manasik Haji di KUA Karanganom. Program Kantin Cumi menjadi salah satu inovasi dari KUA setempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Program Kantin Cumi terwujud atas kerja sama antara Kecamatan Karanganom dan KUA Karanganom. Program tersebut diprakarsai petugas penyuluh lapangan pertanian Kecamatan Karanganom, Hj. Solikhah yang kebetulan turut hadir saat penyebaran benih ikan oleh pasangan pengantin Fajar dan Mutiara.

Program Kantin Cumi sejalan dengan program menyukeskan lima pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Salah satunya berupa open defication free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan.

Program Kantin Cumi di-launching tanggal 27 Januari 2022. Hingga kini, program tersebut ternyata masih eksis. Setiap catin yang ijab kabul di KUA Karanganom diminta menebar bibit ikan di sungai depan KUA.

Baca Juga: Selamat! Karanganom Klaten Lolos Verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Program tersebut memiliki tujuan mengedukasi masyarakat agar mengembalikan fungsi sungai sebagai habitat ikan. Di samping itu, mengajak masyarakat tidak membuang sampah dan buang air besar di sungai.

Kepala KUA Karanganom, H. Muslih, mengatakan terdapat filosofi dalam Program Kantin Cumi. Calon pengantin diajak ikhlas terhadap aktivitas tebar bibit ikan karena mereka menebar tapi tidak memanennya.

Selain itu, bibit ikan yang ditebar adalah bibit yang unggul. Diharapkan kelak, anak-anak yang mereka lahirkan adalah generasi yang unggul pula.

Baca Juga: Sejumlah Calon Pengantin Peroleh Bimbingan Perkawinan di Karanganom Klaten

“Semoga program ini bisa memberi manfaat dan bisa dilanjutkan oleh kepala KUA pengganti,” kata Muslih yang sudah memasuki masa purna tugas akhir November 2022 dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Selasa (29/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya