SOLOPOS.COM - Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Salatiga mengadakan kegiatan tanam pohon di sekitar auditorium kampus III IAIN Salatiga, Kamis (10/6/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Salatiga mengadakan kegiatan tanam pohon pada Kamis (10/6/2021).

Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa menanam 120 pohon di sekitar auditorium kampus III IAIN Salatiga. Dari total pohon yang ditanam, 50 di antaranya adalah pohon produktif seperti pohon mangga dan nangka, sedangkan sisanya adalah pohon tabebuya, flamboyan, dan sengon.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Pelaksana Kegiatan, Elma Nurhaliza, mengatakan bahwa kegiatan itu dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap alam sekitar dan dukungan terhadap program Green Wasathiyah Campus IAIN Salatiga.

“Kami sebagai bagian dari IAIN Salatiga juga harus ambil bagian dalam mendukung program kampus, salah satunya adalah pembangunan Green Wasathiyah Campus. Momen Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada awal bulan lalu harus jadi batu loncatan untuk memupuk kepedulian terhadap lingkungan.”

Baca Juga: Salatiga Targetkan Rp250 Juta dari Bulan Dana PMI

Dengan adanya kegiatan bertajuk Sinergi Alam: Scientist Student in Action, Plant Your Tree, Breathe Your Utility itu, dirinya berharap semangat sivitas akademika IAIN Salatiga, terutama para mahasiswa untuk menjaga keasrian lingkungan semakin meningkat.

Ketua Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga, Dr. Eni Titikusumawati, M.Pd mengimbau mahasiswa untuk menjaga kelestarian alam. “Yang perlu diperhatikan tidak hanya lingkungan kampus, tetapi juga lingkungan di sekitar tempat tinggal teman-teman.”

Selanjutnya, Dr. Eni juga meminta para mahasiswa untuk melakukan kegiatan lanjutan. “Agar tanaman yang ditanam bisa mendatangkan manfaat, harus ada program follow-up. Menanam itu mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang, yang susah adalah bagaimana merawat apa yang sudah ditanam. Mahasiswa IAIN Salatiga harus bisa menjadi contoh terdepan dalam menjalankan hubungan yang baik dengan alam lingkungan,” ujarnya.

Inovasi IAIN Salatiga

Kepala Bagian Umum IAIN Salatiga, Diyah Rochati, S.E., M.H. menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa Tadris IPA yang telah mengadakan program kerja untuk mengadakan penghijauan dan mendukung program Green Wasathiyah Campus IAIN Salatiga.

“Terima kasih atas program kerja yang sangat bagus ini. Penanaman pohon sangat sejalan dengan tema Dies Natalis ke-51 IAIN Salatiga, yaitu Akselerasi Menuju Green Wasathiyah Campus. Green Wasathiyah Campus adalah salah satu inovasi IAIN Salatiga yang jadi unggulan dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Dukungan dari para mahasiswa adalah support yang sangat besar,” terangnya.

Baca Juga: FGD IAIN Salatiga Bahas Regulasi dan Perizinan Mahasiswa Asing

Lebih lanjut, dia menjelaskan beberapa tahun belakangan IAIN Salatiga telah mencapai banyak prestasi. “Alhamdulillah, tahun lalu kampus kita jadi satu-satunya perguruan tinggi yang mendapat predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dari Kemenpan-RB, selain itu kita juga diberi nikmat bisa meraih peringkat kedelapan kampus hijau di lingkungan PTKIN versi UI GreenMetric World University Rankings. Di 2021 ini, IAIN Salatiga akan berjuang untuk mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Dengan capaian tersebut, kami berusaha memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik bagi semua sivitas akademika, maka dari itu, kami mohon doa dan dukungan dari teman-teman mahasiswa.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya